Saturday, October 26, 2024
HomeHot NewsGardu Traksi Telah Terpasang, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Diuji Coba

Gardu Traksi Telah Terpasang, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Diuji Coba

Fase uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat ini siap untuk menjalankan rangkaian Electric Multiple Units (EMU), hal ini setelah gardu traksi dan peralatan lainnya telah dipasang pada hari Sabtu lalu. Jalur uji coba sepanjang 14 kilometer telah disiapkan di antara Stasiun Tegalluar dan Casting Yard No. 4. Uji coba kereta EMU dijadwalkan akan dimulai pada pertengahan November 2022.

Baca juga: Waktu Singkat 45 Menit, Kereta Cepat Jakarta Bandung Akan Layani 68 Perjalanan

Dengan kecepatan 350 kilometer per jam, kereta api yang dibangun dengan teknologi Cina ini akan memangkas perjalanan Jakarta-Bandung, dari yang saat ini lebih dari tiga jam menjadi sekitar 45 menit saja. Kereta api, yang dianggap sebagai penghubung antara China Belt and Road Initiative dan strategi Poros Maritim Indonesia, diharapkan mulai beroperasi pada Juni 2023.

Kereta Cepat Jakarta Bandung ini dibangun sepanjang 142,3 km dari Stasiun Halim, Jakarta sampai dengan Depo Tegaluar, Jawa Barat.

Dan rencananya dalam sehari akan dijalankan sebanyak 68 kali perjalanan. Kehadiran kereta cepat ini tentu diharapkan dapat semakin meningkatkan minat masyarakat untuk lebih memilih menggunakan transportasi publik ketimbang transportasi pribadi.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Teknologi GSM-R, Teknologi Persinyalan yang Diadopsi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki 11 rangkaian kereta yang diproduksi oleh CRRC Si Fang, Qing Dao, Provinsi Shan Dong, Cina, dan telah selesai diproduksi pada awal April 2022. Multiple Unit (EMU) dan Comprehensive Inspection Train (CIT) yang dikirim ke Indonesia ini telah menyelesaikan static test dan dynamic test di tempat produksinya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru