Saturday, October 26, 2024
HomeHot NewsBoeing C-17 Globemaster, Jadi Pesawat 'Terakhir' Ratu Elizabeth II Menuju Pemakaman

Boeing C-17 Globemaster, Jadi Pesawat ‘Terakhir’ Ratu Elizabeth II Menuju Pemakaman

Topik berita internasional kini menanti prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II yang akan dilakukan di Kapel St George yang berada di Kastil Windsor, timur London pada 19 September 2022. Dan menjelang pemakaman ratu yang telah berkuasa 70 tahun tersebut, menjadi menarik dicermati, pesawat apakah yang digunakan untuk membawa ‘jenazah’ sang Ratu untuk menuju peristirahatan terakhirnya.

Baca juga: (Video) Pesawat C-17 Globemaster AU Australia Terbang Meliuk-liuk Nyaris Tabrak Gedung

Dikutip dari Simple Flying, disebutkan perjalanan terakhir Sang Ratu untuk diterbangkan Ke London ternyata menggunakan pesawat angkut berat militer. Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September lalu pada usia 96 tahun. Dan hari ini (14/9/2022), peti matinya sedang dibawwa dari Edinburgh ke Northolt dengan pesawat Royal Air Force (RAF) Boeing C-17 Globemaster dengan nomer ZZ177.

Peti mati Ratu Elizabeth II telah diistirahatkan di Katedral St. Giles di Edinburgh sejak kemarin sore. Sang Ratu diketahui memiliki cinta khusus untuk Skotlandia dan hari ini, Ratu meninggalkan Skotlandia untuk terakhir kalinya.

Pukul 16:30, peti matinya diangkut dari katedral ke Bandara Edinburgh. Anggota masyarakat berbaris di beberapa rute untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir mereka dan memberi hormat kepada Ratu. Menurut angka yang dibagikan oleh pemerintah Skotlandia, lebih dari 26.000 orang berdiri untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Ratu tercinta mereka.

Setibanya di bandara, anggota rombongan pembawa Royal Air Force membawa peti mati Ratu ke Boeing C-17 dan didampingi oleh Guard of Honor dari Royal Regiment of Scotland. Saat pesawat mulai meluncur untuk lepas landas, Pengawal Kehormatan memberikan penghormatan terakhir, dengan band resimen memainkan sebuah bait dari lagu kebangsaan.

Baca juga: Jadi Ikon Evakuasi Warga di Afghanistan, Boeing C-17 Globemaster Dijuluki ‘Rusa Besar’! Ini Alasannya

Boeing C-17 Globemaster biasaya membawa 102 pasukan payung atau 150 pasukan reguler dengan konfigurasi palet dan sidewall seats atau kursi samping menempel di dinding pesawat. Dari spesifikasi, C-17 Globemaster punya kapasitas payload hingga 77,5 ton.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru