Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa Angkutan"Vertical Take-off", Rahasia di Balik Manuver Ekstrim Boeing 777x

“Vertical Take-off”, Rahasia di Balik Manuver Ekstrim Boeing 777x

Seperti pada pameran kedirgantaraan besar lainnya, Boeing 777x kembali tampil memukau pada Farnborough Airshow 2022 di Inggris, dimana pesawat wide body twin engine itu membetot perhatian dengan melakukan manuver ekstrim layaknya pesawat tempur, yaitu vertical take-off. Boeing 777x dengan bobot 250 ton lepas landas dengan menanjak tajam dalam beberapa detik ke ketinggian 400 meter dan mencapai ketinggian jelajah hanya dalam lima menit.

Baca juga: Wow! Mesin Boeing 777X Lebih Besar dari Body 737

Dikutip dari utoevolution.com, kemampuan pesawat komersial melakukan vertical take-off dimungkinkan selain dari kinerja mesin yang handal, pesawat juga harus dalam kondisi kosong. Seperti diketahui, Boeing 777x mengusung mesin pesawat terkuat di dunia.Mesin GE9X pada Boeing 777x mampu mengembangkan daya dorong sebesar 134.300 pon, nyaris setara dengan daya dorong roket Soyuz saat mengantar kosmonot Rusia, Yuri Gagarin ke luar angkasa.

Sebagai catatan, daya dorong yang dibutuhkan pesawat dengan roket tentu sangat berbeda. Pastinya, roket membutuhkan daya dorong yang jauh lebih besar, mengingat tipe lepas landas mereka vertikal, bukan diagonal layaknya pesawat. Dengan kondisi tersebut, tentu sangat luar biasa bisa sebuah mesin pesawat nyaris menyamakan kekuatan daya dorong roket.

Tak hanya memberikan daya dorong besar, mesin terkuat di dunia GE9X juga menjamin penggunaan bahan bakar lebih hemat hingga 10 persen dari generasi sebelumnya. Tak cukup besar memang, namun, dengan rata-rata biaya operasional pesawat 20 persennya datang dari bahan bakar, tentu, hemat bahan bakar hingga 10 persen bisa cukup menguntungkan; dalam hal ini maskapai selaku operator.

Menariknya, rekor untuk mesin pesawat terkuat di dunia oleh GE9X Boeing 777X dicapai dengan menggantikan rekor dari mesin GE generasi sebelumnya, GE90-115B. Mesin pesawat yang dirancang untuk pesawat Boeing 777 itu tercatat mampu menghasilkan daya dorong sebesar 127.900 pon pada 2002 lalu, cukup besar untuk ukuran kala itu.

Baca juga: Airbus Ternyata Juga Punya Paten Folding Wingtip Andalan Boeing 777X

Akan tetapi, usai ditetapkan sebagai mesin pesawat terkuat di dunia, dalam perjalanannya bersama Boeing 777X, mesin pesawat yang lebih besar dari body Boeing pesawat 737 itu tercatat beberapa kali pernah mengalami masalah. Teranyar, tahun lalu, tak lama setelah diluncurkan, Boeing 777X dikabarkan mengalami kendala pada mesin.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru