Saturday, October 26, 2024
HomeDaratJamin Kebersihan Gerbong, Ini Pentingnya Peran Petugas OTC di Kereta

Jamin Kebersihan Gerbong, Ini Pentingnya Peran Petugas OTC di Kereta

Dalam perjalanan sebuah kereta api, bukan hanya masinis, kondektur, Polsuska atau pramugari yang menjadi petugas vital. Tetapi seorang petugas kebersihan kereta api atau yang sering disebut On Train Cleaning (OTC) juga penting ada di kereta.

Baca juga: Kecanduan Film Porno, Petugas Kebersihan Kereta India Simpan Spycam di Toilet

Pasalnya bila tidak ada OTC maka kereta api akan kotor karena sampah penumpang yang berserakan. Mereka juga siap siaga ketika ada penumpang yang membutuhkan bantuan untuk kebersihan di sekitaran tempat mereka duduk seperti membersihkan muntah atau makanan serta minuman yang tumpah.

Petugas OTC sterilkan kursi penumpang. Foto: Twitter KAI

OTC sendiri akan mempersiapkan banyak hal sebelum kereta akan berangkat. Mereka  selalu memastikan bagian dalam kereta bersih, kering dan bebas dari bau tak sedap. Selain itu para OTC juga memiliki kewajiban untuk mengecek ketersediaan perlengkapan kebersihan seperti tisu, plastik di setiap kursi, sabun cuci tangan, pengharum ruangan dan peralatan untuk melakukan kebersihan berfungsi dengan baik.

Sebagaimana dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, di masa pandemi ini, petugas OTC akan bekerja dua kali lipat karena mereka harus membersihkan interior kereta menggunakan desinfektan sebelum kereta digunakan untuk mengangkut penumpang. Di perjalanan kereta pun, petugas OTC biasanya akan berkeliling gerbong setiap 30 menit untuk melakukan pembersihan sampah. Jika ada penumpang yang turun di stasiun mereka juga mensterilisasi kursi yang ditinggalkan penumpang tersebut.

Bukan hanya keliling gerbong, setiap 20 menit sekali pun petugas OTC ini membersihkan area toilet. Ini dilakukan agar kebersihan terjamin dan penumpang selain nyaman juga terhindar dari virus serta bakteri yang mungkin ada.

Seperti petugas kebersihan lainnya, OTC dikereta juga melengkapi tas pinggang mereka dengan pembersih atau desinfektan, kain lap micro fiber, rubber hand glove, kanebo, tapas dan kape. Caddy bag beserta isinya ini berfungsi sebagai first aid kebersihan yang harus selalu dibawa kemanapun petugas OTC pergi saat berdinas, sehingga jika ditemukan area yang kotor, petugas OTC dapat langsung bertindak membersihkannya.

Baca juga: Dari Mulai Petugas Sampai Porter di Stasiun Gandhi Nagar, Semuanya Adalah Wanita!

Tidak hanya sekedar menjaga kebersihan, petugas OTC juga dituntut harus terampil dan jujur ketika bertugas. Sehingga ketika mereka menemukan barang milik penumpang bisa langsung diserahkan kepada kondektur atau Polsuska yang bertugas. Mungkin banyak dari Anda yang menganggap pekerjaan ini. Tetapi, tanpa petugas OTC tidak akan ada yang namanya kereta bersih, rapi, wangi dan nyaman.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru