Saturday, October 26, 2024
HomeDaratMau Coba Naik Kereta Sultan Jelang Lebaran? Ini Syarat dan Harganya

Mau Coba Naik Kereta Sultan Jelang Lebaran? Ini Syarat dan Harganya

Mudik dengan kereta api saat libur lebaran pasti selalu dilakukan masyarakat kita untuk bersilaturahmi. Menggunakan berbagai kelas kereta api yang disediakan, membuat penumpang yang hendak bepergian pun rela merogoh kocek dari yang paling murah hingga yang paling mahal sekalipun.

Baca juga: Akhirnya! Kereta Wisata Priority Keluar Juga Dari Depo KAI

Naik kereta kelas eksekutif, bisnis, bahkan ekonomi sudah biasa. Tapi bagaimana jika menyewa kereta super mewah yang ditawarkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) layaknya sultan? Ya, layaknya sultan, kemana pun perjalanan yang dikehendaki bisa dilakukan dengan kereta wisata.

PT KAI membuka layanan kereta wisata saat mudik lebaran merupakan terobosan bagus untuk para penumpang yang ingin mencoba layanan eksklusif ini. Fasilitas yang ditawarkan di dalam Kereta Api Wisata yaitu terdapat fasilitas karaoke, WiFi, nonton film/youtube, meeting room, mini bar, mushola dan area tempat duduk yang nampak nyaman. Penumpang bisa memilih rangkaian kereta wisata yang dimiliki PT KAI.
Kereta wisata yang tersedia dan siap digunakan meliputi KA Wisata Toraja, Bali, Jawa, Sumatera, Nusantara, Priority, dan Retro.

Kereta wisata yng bisa di carter atau pesan perorangan

Namun, nama kereta wisata yang disebutkan biasa digabungkan dengan kereta api reguler dengan berbagai tujuan di Pulau Jawa. Dan terobosan yang sudah dilakukan oleh PT KAI, masyarakat bisa menyewa rangkaian KA Wisata yaitu Kereta Istimewa yang terdiri dari 2 unit kereta. Dengan Kereta Istinewa, rangkaian tidak perlu digandeng dengan KA Reguler, melainkan bisa berjalan sendiri tanpa lokomotif. Karena Kereta Istimewa ini bertenaga diesel hidrolik.

Cara memesan tiket kereta wisata atau menyewa KAI Wisata secara offline bisa dilakukan dengan mengunjungi konter KAI Wisata Ada tiga konter KAI Wisata yang beroperasi di Jakarta, Bandung dan Surabaya.

– Konter KAI Wisata Jakarta
Alamat: Stasiun Gambir, Jalan Merdeka Timur No 17, Lantai Dasar, Pintu Utara, Jakarta Pusat.
Telepon: 021-3483-3404

– Konter KAI Wisata Bandung
Alamat: Stasiun Bandung, tepatnya di Pintu Utara, Jalan Kebon Kawung, Bandung, Jawa Barat.
Telepon: 022-423-2375.

– Konter KAI Wisata Surabaya
Alamat: Jalan Dharmahusada No. 78 C, Mojo, Kec. Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur.
Telepon: 031-592-8799.

Sementara itu, menyewa KAI Wisata secara online bisa dilakukan di berbagai channel pembelian. Salah satunya adalah melalui aplikasi KAI Access milik PT Kereta Api Indonesia (Persero). Berikut cara pemesanannya:

1. Unduh Aplikasi KAI Access di Playstore atau Appstore.
2. Buat akun, lalu login.
3. Pada halaman Beranda, klik KA Wisata.
4. Masukkan stasiun asal, stasiun tujuan, dan tanggal keberangkatan.
5. Klik “Cari Kereta Wisata”.
6. Ada beberapa pilihan kereta, baca detailnya.
7. Klik “Pesan” pada kereta yang dipilih.
8. Gerbong KAI Wisata tidak bisa berjalan sendiri, sehingga harus memiih rangkaian kereta untuk rute yang dipilih.
9. Klik “Lanjutkan Pemesanan”.
10. Tentukan metode pembayaran, dan lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih

Jika menggunakan Kereta Istimewa, untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir ada 13 tujuan stasiun. Harga sewa termurah untuk rute Gambir-Bandung sebesar Rp80 Juta. Serta paling tinggi Rp 190 Juta. Kemudian dari Stasiun Bandung, tersedia 9 tujuan. Paling murah untuk rute Bandung-Cirebon Rp 85 juta, serta paling mahal rute Bandung-Malang Rp170 juta.

Lalu keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta ada tiga tujuan stasiun. Paling murah Yogyakarta-Madiun sebesar Rp78 juta, dan paling mahal Yogyakarta-Malang Rp115 juta. Terakhir, keberangkatan dari stasiun Surabaya bisa menuju 6 stasiun tujuan. Paling murah rute Surabaya-Jember dengan biaya Rp82 Juta, dan paling mahal Surabaya-Pekalongan Rp110,5 juta.

Baca juga: Ingin Ada Kereta Wisata di Lampung? – PT KAI: Benahi Dulu Infrastrukturnya

Perlu diketahui, harga yang dibayarkan ini baru untuk satu kali perjalananan. Serta, ini juga belum termasuk besaran pajak yang berlaku. Bagi penumpang yang ingin menyewa kereta wisata khususnya bagi rombongan adapun persyaratannya sebagai berikut:

– Peserta rombongan bisa menyewa kereta wisata sedikitnya 50 tempat duduk
– Menandatangani berita acara kesepakatan angkutan rombongan lebaran
– Uang muka paling sedikit dibayar 25% saat pemesanan
– pelunasan dan daftar peserta angkutan rombongan diterima paling lambat 2 (dua) hari setelah penandatangan berita acara kesepakatan
– tiket angkutan rombongan yang sudah tercetak tidak dapat dilakukan penggantian nama, pembatalan dan perubahan jadwal
– peserta angkutan rombongan memenuhi persyaratan perjalanan sesuai aturan yang berlaku
– syarat peserta rombongan berasal dari instansi pemrrintah, badan usaha milik negara, badan hukum swasta, komunitas atau perkumpulan, dan lain – lain.
(PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru