Saturday, October 26, 2024
HomeDaratKronologi Uji Coba Jalur Bogor – Sukabumi Tidak Dilanjutkan, Ini Alasannya

Kronologi Uji Coba Jalur Bogor – Sukabumi Tidak Dilanjutkan, Ini Alasannya

Setelah 99 persen pembangunan jalur ganda di jalur Bogor – Sukabumi beberapa hari yang lalu, akhirnya hari ini Selasa (22/3) untuk uji coba menggunakan rangkaian kereta api. Uji coba dilakukan guna pengecekan kelaikan jalur ganda yang berada di lintas Stasiun Bogor Paledang sampai dengan Stasiun Cicurug. Tidak seperti diberitakan sebelumnya yang menggunakan rangkaian panjang atau KA Pangrango, uji coba hari ini terdiri dari 1 lokomotif dan 1 kereta kelas eksekutif.

Baca juga: Sudah 99 Persen, Jalur Ganda Bogor – Sukabumi Siap Diuji Coba

Lokomotif bernomor seri CC 206 13 58 (Depo Induk Yogyakarta ) yang diberangkatkan dari Depo Cipinang pada pukul 07.00 WIB menuju Stasiun Pasar Senen terlebih dahulu untuk ambil rangkaian kereta. Saat di Stasiun Pasar Senen lokomotif dilangsir lalu menggandeng 1 kereta bernomor seri K1 0 01 04 JAKK. Setelah tersambung rangkaian pun berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 07.30 WIB melewati Kemayoran, Kampung Bandan, dan Manggarai. Pukul 10.00 WIB rangkaian akhirnya tiba di Stasiun Bogor.

Saat di Stasiun Bogor rangkaian memasuki jalur 5 kemudian berjalan perlahan menuju Stasiun Bogor Paledang. Saat masuk di Stasiun Bogor Paledang terjadi suatu insiden kecil yaitu rangkaian kereta mengenai peron besi. Peron besi yang dipasang sementara di Stasiun Bogor Paledang mengenai bagian depan body kereta. Hampir setengah jam rangkaian dilakukan pengecekan oleh tim yang ikut dalam KLB uji coba ini.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang)

Selang beberapa menit kemudian akhirnya rangkaian di berangkatkan dari Stasiun Bogor Paledang. Dengan kecepatan tidak lebih dari 30 km/jam rangkaian berjalan di jalur kiri dan masih menggunakan satu jalur. Pukul 10.45 rangkaian KLB uji coba masuk Stasiun Batu Tulis dengan disambut bunyi sirine pintu perlintasan.

Saat memasuki peron Stasiun Batu Tulis kejadian terulang kembali. Jarak antara body lokomotif dengan rangkaian hampir terkena peron stasiun. Petugas pengecekan meminta untuk berhenti dan memerintahkan untuk berjalan mundur ke arah utara. Pintu perlintasan kembali ditutup guna langsiran mundur rangkaian KLB uji coba.

Beberapa pekerja yang berada di stasiun diperintahakan untuk memangkas ujung peron agar tidak mengenai rangkaian. Saat dipangkas rangkaian kembali maju secara perlahan. Lagi – lagi peron masih terlalu lebar dan hampir mengenai body rangkaian. Satu jam lebih KLB uji coba di Stasiun Batu Tulis, lalu pada akhirnya pukul 12.10 WIB rangkaian diperintahkan mundur hingga ke Stasiun Bogor. KLB uji coba tidak bisa melanjutkan perjalanan hingga ke stasiun Cicurug sampai waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Waspadai Titik Rawan Longsor Jalur Kereta Api Lintas Bogor – Sukabumi

Rencananya uji coba rangkaian di lintas Bogor – Cicurug masih dilakukan hingga evaluasi berjalan baik dan tidak mengalami kendala. Agar saat dilakukan pengoperasian reguler menggunakan KA Pangrango berjalan aman, lancar dan terkendali. (PRAS – Cinta Kereta Api)























RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru