Saturday, October 26, 2024
HomeDaratKereta Maglev 3.0 Komersial Mulai Beroperasi Tanpa Awak

Kereta Maglev 3.0 Komersial Mulai Beroperasi Tanpa Awak

Setelah beberapa kali Cina melakukan uji coba pada prototipe kereta Maglev dengan kecepatan yang super tinggi, kini meluncurkan versi komersial pertamanya. Kereta Maglev 3.0 tersebut memiliki hak kekayaan intelektual penuh dan sudah menyelesaikan serangkaian tes pada kamis (10/3/2022) kemarin.

Baca juga: Kembali Hadirkan Prototipe Maglev Baru, Cina Berharap Melaju dengan Kecepatan tertinggi Lebih dari 620 KPJ

Bahkan kereta ini sudah mencapai beberapa kemajuan teknologi seperti beroperasi tanpa awak dan memiliki catu daya non kontak. Maglev 3.0 dikembangkan oleh pabrikan kereta berkecepatan tinggi Cina CRRC Zhuzhou Locomotive Company. Tes yang relevan dan penyetelan sistem pun telah diselesaikan di laboratorium Maglev di Universitas Tongji.

KabarPenumpang.com melansir globaltimes.cn (10/3/2022), keceta Maglev komersial 3.0 akan melaju dengan kecepatan 200 km per jam. Untuk diketahui, kereta Maglev komersial ini dikembangkan secara independen oleh para peneliti Cina.

“Kereta mengisi celah dalam sistem transportasi Maglev global pada tingkat kecepatan ini, menunjukkan bahwa Cina telah menguasai teknologi inti utama Maglev kecepatan menengah. Inovasi teknologi Maglev dan pengembangan industri Cina terus menjadi yang terdepan di dunia,” kata Zhou Qinghe, ketua CRRC Zhuzhou.

Maglev terbaru ini bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya ternyata menunjukkan peningkatan efisiensi traksi. Selain itu juga memiliki kemampuan untuk mendaki bukit serta kinerja akselerasi yang meningkat secara signifikan.

Maglev komersial 3.0 dirancang untuk melaju dengan kecepatan 200 km per jam dan dikendalikan oleh sistem kontrol operasi darat yang dapat mewujudkan mengemudi tanpa awak. Zhang Wenyue, wakil kepala lembaga penelitian Maglev CRRC Zhuzhou Locomotive mengatakan, elalui komunikasi nirkabel dengan jaringan 5G, pemantauan status online, analisis data besar dan teknologi lainnya, sistem kontrol dapat membuat diagnosis cerdas waktu nyata dari kendaraan, lintasan, catu daya, dan kesalahan lainnya, memastikan keamanan dan keandalan mengemudi tanpa awak.

Dia mengatakan bahwa kereta baru ini diharapkan dapat diterapkan di jalur intra kota dan perkotaan. Jalur Maglev paling terkenal yang beroperasi di Cina adalah Jalur Maglev Shanghai yang menghubungkan kota dan Bandara Internasional Pudong Shanghai.

Jalur tersebut sepanjang 30 kilometer dan bila kereta melaju dengan kecepatan 430 km per jam, maka akan menyelesaikan perjalanan dalam waktu 7 menit 20 detik. Saat ini Cina sedang mempercepat pembangunan jalur kereta api dalam kota. Para analis menyebutkan bahwa, kereta Maglev 3.0 komersial memiliki prospek pasar yang sangat luas, dan merupakan salah satu pilihan terbaik untuk transportasi antarkota dan kota yang “hijau dan cerdas”.

Baca juga: Kereta Maglev Pertama di Dunia Cuma 11 Tahun Beroperasi, Kenapa?

Pada Juli 2021, kereta Maglev berkecepatan tinggi yang dikembangkan sendiri oleh Cina diluncurkan dari jalur produksi. Dengan kecepatan tertinggi yang dirancang 600 km per jam, Maglev adalah kendaraan darat tercepat di dunia saat ini.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru