Saturday, October 26, 2024
HomeDaratDi Australia, Kerusakan Kereta Api Sebabkan Kebakaran Rumput Seluas 71 Hektar

Di Australia, Kerusakan Kereta Api Sebabkan Kebakaran Rumput Seluas 71 Hektar

Perjalanan dengan kereta api warisan atau heritage akan membawa kesan tersendiri bagi mereka penikmat kereta tua. Meski hanya duduk dan menikmati pemandangan, tetapi ini akan memberikan nuansa yang akan mengingatkan pada masa kejayaan kereta tersebut.

Baca juga: Ini Dia Pemandangan Lima Situs Warisan Dunia UNESCO yang Bisa Dinikmati dari Dalam Kereta

Namun belum lama ini, sebuah kereta warisan yang tengah mengangkut penggemarnya dan mengunjungi Victoria di Australia telah menjadi penyebab kebakaran rumput di dekat Ararat di barat negara bagian itu. Kebakaran tersebut terjadi pada Sabtu (26/2/2022) di Langi Logan dan disebabkan oleh percikan api dari lokomotif yang mengangkut gerbong Spirt of Progress tahun 1937.

KabarPenumpang.com melansir abc.net.au (28/2/2022), perjalanan kereta api warisan ini dilakukan oleh The Seymour Railway Heritage Centre (SRHC) yang melakukan perjalanan dari Seymour ke Ararat melalui Broadmeadows dan Geelong. Dalam perjalanan itu, ada kereta tengah mengangkut 170 orang penumpang. Pemimpin  kelompok John Crofts mengatakan rem yang menempel di salah satu lokomotif kemungkinan menjadi penyebab percikan api yang kemudian menyebabkan kebakaran.

“Kereta segera dihentikan dan masalah itu ditangani dan akhirnya diperbaiki. Sayangnya beberapa rem, atau beberapa bagian logam, mulai memicu dan menyebabkan [sekitar] enam kebakaran di sepanjang satu setengah kilometer,” kata Bernie Fradd, kepala petugas pemadam kebakaran CFA untuk wilayah Ararat,” kata Crofts.

Insiden ini membakar sekitar 71 hektar. Ini juga karena daerah itu kering sepanjang tahun dan tidak ada angin. Sehingga ketika terbakar maka akan langsung menjalar dan membuat sulit untuk dipadamkan. Bahkan saat musim panas, api akan tetap menyala.

Bernie Fradd, kepala petugas pemadam kebakaran CFA untuk wilayah Ararat mengatakan, ada enam pesawat dan 20 truk CFA merespons kebakaran. Dia mengatakan, banyak unit pemadam kebakaran swasta yang dioperasikan oleh petani setempat juga memadamkan api. Sementara api membakar melalui padang rumput tunggul, beberapa pagar, dan turun ke tepi Sungai Hopkins di mana pohon redgum tua hilang, Fradd mengatakan rumah dan ternak terhindar.

Seorang juru bicara Australian Rail Track Corporation mengatakan organisasi tersebut mengetahui insiden yang terjadi di jaringan antara Ararat dan Maroona pada hari Sabtu.

“Insiden seperti ini jarang terjadi dan penyelidikan saat ini sedang berlangsung,” kata juru bicara itu.

Untuk memastikan kereta mundur dengan aman, Fradd mengatakan kru pemadam kebakaran ditempatkan di sepanjang jalur rel di daerah paddock kering dekat Ararat sehingga kereta dapat melanjutkan kembali ke Seymour.

“Jika ada kebakaran lain, mereka akan langsung menyalakannya,” kata Fradd.

Seorang penumpang yang berkomentar di media sosial mengatakan kereta tidak tiba kembali ke Seymour sampai sekitar tengah malam.

“Kami mengalami hari yang menyenangkan yang berlanjut ke hari berikutnya saat kami tiba di rumah, tetapi itu hanya menambah kegembiraan hari itu,” tulis Matthew Hope.

Fradd mengatakan CFA akan terus berpatroli di daerah yang terbakar untuk memastikan tidak ada semburan api sampai wilayah tersebut menerima cukup hujan.

Baca juga: Kota Kuno Cina Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO

Untuk diketahui, lokomotif yang digunakan adalah C501 dan menarik kereta tua Spirt of Progress yang mulai beroperasi sejak November 1937. Ini adalah kereta penumpang ekspres utama di Victorian Railways di Australia, berjalan dari Melbourne ke perbatasan New South Wales di Albury dan kemudian sampai ke Sydney.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru