Saturday, October 26, 2024
HomeDaratYang Dikenang dari Kiev, Punya Jalur Trem Pertama di Bekas Kekaisaran Rusia

Yang Dikenang dari Kiev, Punya Jalur Trem Pertama di Bekas Kekaisaran Rusia

Kiev, ibu kota Ukraina yang terkenal dengan keindahan arsitektur klasiknya, kini sedang dalam masa-masa sulit. Ratusan bangunan di Kiev dilaporkan mengalami rusak berat dan infrastruktur yang luluh lantak sebagai akibat dari serangan invasi Rusia sejak 24 Februari lalu

Baca juga: Tetap Jadi Warisan Kota, Trem di Kolkata Diubah Jadi Restoran

Meski kini porak -poranda, Kiev tak bisa dilupakan sebagai ikon kota besar di Eropa dengan segala pernak-perniknya. Dan salah satu yang menarik dari Kiev, adalah keberadaan trem dan sistemnya yang dikenal sebagai jalur trem listrik pertama di bekas Kekaisaran Rusia.

Trem ini adalah yang keempat di Eropa setelah jalur trem Berlin, Budapest dan Praha. Sistem trem Kiev saat ini memiliki jalur sepanjang 139,9 km dan sudah termasuk di dalamnya dua jalur trem cpat sepanjang 14 km yang mana jalur trem ini melayani sebanyak 21 rute dengan menggunakan 523 gerbong.

Sayangnya, sistem ini diabaikan dan panjang lintasan yang dilayani kurang cepat sehingga digantikan oleh bus dan bus troli. Sistem trem Kiev dioperasikan oleh perusahaan kotamadya “Kyivpastrans” yang juga mengelola transportasi bus, bus listrik, dan kereta api perkotaan di Kiev.

Sejarah kehadiran trem di Kiev sendiri berawal pada sebelum tahun 1886. Di mana direncanakan proyek pembangunan jalur trem yang ditarik kuda, tetapi tidak ada yang berlanjut ke tahap konstruksi. Kemudian 30 Juli 1891 trem pertama yang ditarik kuda akhirnya jalurnya terpasang dan membentang dari Tsar’s Square ke Demiivska Square.

Namun setelah trem beroperasi, masalah muncul yakni salah satunya medan berbukit. Di jalan Bohdan Khmelnytsky, sepasang kuda tidak cukup untuk menarik trem ke atas bukit. Oleh karena itu, dua pasang kuda ditambahkan dan tidak memperbaiki situasi. Karena hal ini kemudian, trem bertenaga uap dicoba sebagai solusi untuk masalah tersebut.

Tetapi mesin uap itu menghasilkan suara yang keras dan membuat takut kuda dan manusia serta menghasilkan banyak polusi udara. Banyaknya masalah yang dialami trem, maka Amand Struve menulis surat kepada Administrasi Kota Kiev yang menyarankan bahwa untuk meningkatkan keamanan dan penggunaan yang lebih mudah, trem perlu ditenagai oleh listrik.

Nyatanya, Administrasi layanan Kyiv Telegraph menentang langkah ini karena, menurut pendapat mereka, motor listrik akan mengganggu sistem telepon dan telegraf. Pada 3 Mei 1892, dua trem listrik pertama tiba di Kyiv. Mereka dibangun oleh saudara-saudara Struve di sebuah pabrik yang terletak di dekat Moskow, berdasarkan desain Amerika.

Untuk diketahui, sistem trem yang ditarik kuda digunakan sampai tahun 1895, dan mobil bertenaga uap terakhir beroperasi sampai tahun 1904. Jalur trem panjang, sekitar 18 kilometer, diletakkan dari Lapangan Poshtova di lingkungan Podil, melintasi sungai Dnipro di Jembatan Nicholas, melalui lingkungan Peredmostna dan Nikolska Slobodka, dan ke kota tetangga Brovary.

Jalur ini digunakan sampai pertengahan tahun 1930-an, dan merupakan jalur tunggal dengan tempat-tempat yang lewat. Hal ini membuat perjalanan terasa lebih lama dari yang sebenarnya. Biayanya 35 kopecks, jumlah yang cukup besar pada saat itu dan trem selalu dipadati penumpang.

Setelah Revolusi Rusia dan Perang Saudara Rusia, rekonstruksi sistem trem dimulai. Kereta trem tua dan ketinggalan jaman membutuhkan restorasi karena industri negara tidak dapat memproduksi gerbong baru. Rekonstruksi dilakukan di depo trem utama sistem, Depot Dombal.

Dari tahun 1928 hingga 1932, 80 trem motor dua gandar dan 65 mobil trailer diproduksi untuk Kyiv. Sejak tahun 1932, depo tersebut mulai memproduksi trem empat gandar. Di trem ini, area pengendara dipisahkan dari ruang penumpang, tetapi tidak dihangatkan selama musim dingin.

Baca juga: Melbourne Kini Punya Restoran Trem Keliling

Pada tanggal 30 Desember 1978, jalur trem berkecepatan tinggi pertama di Uni Soviet saat itu dibuka di Kiev. Pada tahun yang sama Kyiv mengalami puncak perkembangan rute trem dalam sejarahnya. Pada tahun 1978 panjang antrean mencapai 285 km, armada berjumlah 909 mobil, dan lalu lintas penumpang per tahun melebihi 396 juta orang.






















RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru