Saturday, October 26, 2024
HomeBus AKAPJajal Bus Mewah PO Pandawa 87 - Suites Class dengan Rute Terpanjang...

Jajal Bus Mewah PO Pandawa 87 – Suites Class dengan Rute Terpanjang di Indonesia

Suites Class menjadi salah satu yang masih diperbincangan dalam layanan bus di Indonesia baik bus antar kota antar provinsi (AKAP) maupun untuk pariwisata. Konsep yang diusung perusahaan otobus (PO) untuk Suites Class ini adalah ‘rebahan’ sepanjang jalan.

Baca juga: Ugal-ugalan dan Setel Musik Keras Kode Ada Pencopet di Bus AKAP?

Meski dikatakan ‘rebahan’ sepanjang jalan, tetapi ini semua tidak benar-benar rebah dan kursi hanya diturunkan hingga 150 derajat. Tak direbahkan 180 derajat karena adanya regulasi dan alasan keamanan selama perjalanan. Kali ini kabin sutes claas yang akan diungkap adalah karoseri milik Laksana dari Semarang yang sudah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2019 di Event GIIAS.

Kabin bus Pandawa 87. Foto: KabarPenumpang.com

Bahkan Suites Class pertama saat itu dimiliki oleh PO Sinar Jaya. Walaupun Sinar Jaya menjadi pertama, semakin hari perkembangan bus dengan Suites Class pun meningkat. Salah satunya adalah Pandawa 87 dan merupakan PO yang belum lama membentangkan sayapnya di dunia bus AKAP.

Mengusung Suites Class sebagai kelas tertinggi dalam jajaran armadanya, tidak tanggung-tanggung rute yang dibuka adalah Tangerang menuju ke Banyuwangi dan sebaliknya. Dengan jarak tempuh perjalanan darat sekitar 1090 Km, membuat bus ini menjadi Suites Class dengan rute terpanjang (sejauh ini).

Dan belum lama ini penulis berkesempatan merasakan langsung pengalaman melakukan perjalanan menaiki Suites Class dengan rute terjauh tersebut. Untuk harga tiket dibanderol Rp500 ribu (Bekasi-Banyuwangi), beda Rp20 ribu untuk rute Tangerang-Banyuwangi.

Sejalan dengan kenyamanan armada, servis yang diberikan kepada penumpang bus juga benar-benar luar biasa dan mungkin tidak pernah terbayangkan oleh kita ketika menaiki sebuah bus. Ada bantal, selimut, aneka snack, kopi/teh, makan malam yang tentunya semua itu diberikan secara cuma-cuma alias gratis kepada penumpang. Belum lagi adanya fasilitas Audio Video On Demand (AVOD) dan colokan USB yang membuat penumpang semakin betah melakukan perjalanan darat jauh dengan bus.

Baca juga: Inilah Parade PO Bus AKAP yang Usianya Tembus Setengah Abad

Unit armada Pandawa 87 kelas ini ditopang menggunakan sasis Mercedes Benz OH 1626, yang sudah dilengkapi dengan suspensi udara bawaan sehingga meminimalisir suara gaduh yang dihasilkan dari peredam getaran ketika bus dihadapkan dengan medan jalan yang bergelombang maupun rusak sekalipun. (Senna Aditiya – Penggemar Bus)






















RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru