Saturday, October 26, 2024
HomeBus dalam kotaGenjot Teknologi Ramah Lingkungan, Mesir Operasikan Bus Bertenaga Gas Alam di 2022

Genjot Teknologi Ramah Lingkungan, Mesir Operasikan Bus Bertenaga Gas Alam di 2022

Perkembangan transportasi dunia, kini semakin modern. Bus yang dihadirkan bukan hanya bertenaga listrik, tetapi bertenaga surya atau bahan lainnya seperti gas alam pun mulai dilirik oleh beberapa negara. Hal ini pun dilakukan di Mesir yang juga ikut andil dalam penggunaan bahan bakar yang bukan dari minyak bumi tetapi dengan gas alam.

Baca juga: Toyota Motor Europe dan CaetanoBus Siap Luncurkan Bus Bertenaga Hidrogen

Hal ini dikatakan oleh Menteri Perusahaan Umum Hisham Tawfik. Dia menyebutkan bahwa Mesir akan meluncurkan armada bus pertama yang menggunakan tenaga alam tahun depan.

Tawfiq menjelaskan bahwa, sekitar 70 persen dari komponen yang digunakan dalam pembuatan bus akan dipasok secara lokal. Tawfiq menambahkan, pembuatannya pun bekerja sama dengan beberapa perusahaan di negara Mesir.

“Kami sudah mencapai tingkat konstruksi 60 persen, dan kami akan mulai memasang mesin mulai April mendatang,” kata dia yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman  arabnews.com (5/12/2021).

Tawfiq mengatakan bahwa armada akan mencakup bus yang dapat menampung 14 hingga 50 penumpang sekali jalan baik berdiri maupun duduk. Adapun tujuan dari proyek ini adalah untuk melokalisasi teknologi dan produksi transportasi.

“Strategi kami adalah menggarap produksi kendaraan ramah lingkungan, baik yang berbahan bakar gas alam maupun listrik,” tambahnya.

Delegasi dari Pabrik Otomotif Minsk Belarusia menandatangani kontrak untuk memasok bahan produksi untuk proyek tersebut. Produksi diharapkan dimulai pada pertengahan 2022, dengan target 250 bus selesai per tahun.

Baca juga: Dari London, Telah Meluncur Bus Tingkat Bertenaga Listrik Pertama di Dunia

Tawfiq menyambut baik kerjasama dengan pihak Belarusia, terutama mengingat hubungan istimewa antara kedua negara, yang telah berkembang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.






















RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru