Saturday, October 26, 2024
HomeDarat40 Ribu Penumpang, Jadi Target MRT Jakarta Tahun 2022

40 Ribu Penumpang, Jadi Target MRT Jakarta Tahun 2022

Setelah dua tahun pandemi, moda transportasi baru Jakarta yakni MRT  mengalami penurunan penumpang yang cukup tajam. Bahkan pendapatan farebox atau tiket lebih sedikit dibandingkan pendapatan non farebox atau yang diluar tiket.

Baca juga: Kembangkan Pendapatan Non Farebox, MRT Jakarta Berkolaborasi dengan Startup

Meski begitu, penumpang MRT Jakarta saat ini perlahan mulai membaik dibandingkan di masa awal pandemi dan pada PPKM Level 4 beberapa waktu lalu. William Sabandar direktur utama PT MRT Jakarta mengatakan, di PPKM Level 1 saat ini, penumpang rata-rata sekitar 30.101.

Nah bagaimana dengan target tahun 2022? Dikatakan William, MRT Jakarta punya target penumpang 40 ribu per harinya. Ini juga akan dilihat lagi kedepannya hingga Desember 2022. William mengatakan target MRT Jakarta 40 ribu memiliki alasan tersendiri yakni tahun depan diperkirakan konsidi belum kembali normal dan masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Hitungan itu kami lakukan relatif moderat. Karena tahun depan kami prediksi masih akan ada penerapan protokol kesehatan ketat dan jaga jarak,” kata kata William dalam diskusi Forum Jurnalis MRT Jakarta secara virtual, Selasa (30/11/2021).

William mencatat rata-rata penumpang harian MRT Jakarta tahun 2021 hanya sekitar 20 ribu orang. Angka tersebut masih jauh dari target yang mencapai 65 ribu penumpang per hari. Adapun penurunan jumlah penumpang terjadi karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat pada Juni 2021.

“Kami tentu mempelajari kondisi yang ada dan berkembang saat ini dan kami tentu cukup realistis melihat situasi perkembangan Pandemi saat ini,” kat William.

Penurunan jumlah penumpang ini diperkirakan akan kembali terjadi sampai akhir tahun 2021. Hal itu seiring dengan kebijakan pemerintah yang akan menerapkan PPKM Level 3 untuk mengantisipasi libur Natal dan Tahun Baru 2022. Pada Desember 2021 dan Januari tahun depan jumlah penumpang akan turun dibanding November 2021, yakni dari 36.105 orang menjadi sekitar 20 ribu penumpang per hari.

Baca juga: Tunnel Boring Machine Pertama untuk Jalur MRT Jakarta Fase 2A Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

William menambahkan, MRT Jakarta telah siap mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada momen Natal dan Tahun Baru 2022. Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan jaga jarak serta melakukan pembatasan penumpang dan operasional kereta.






















RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru