“Tunnel Of Love” Rumania, Harta Karun Tersembunyi di Eropa

Tunnel of Love di Romania (Flickr)

Terowongan kereta api banyak sekali yang kini menjadi destinasi wisata, baik itu menyusuri jejak sejarahnya atau hanya sekedar ingin tahu sepanjang apa terowongan tersebut. Di Indonesia sendiri banyak sekali terowongan kereta yang bisa kita jumpai dari Pulau Jawa hingga Sumatera.

Baca juga: Inilah “Hendrik”, Terowongan Kereta Terpendek di Indonesia

Namun, di Uni Eropa sendiri ternyata ada Tunnel of Love atau terowongan cinta dan letaknya cukup tersembunyi. KabarPenumpang.com merangkum dari laman atlasobscura.com, terowongan ini berbeda dari yang lainnya, sebab bila terowongan lain dibangun dengan membelah gunung dan disemen, terowongan cinta di Rumania ini tersusun dari pepohonan.

Dimana setelah jalur kereta tak lagi digunakan, alam mulai kembali menggunakan ruang-ruang tersebut. Pohon dan semak mulai tumbuh ke atas hingga akhirnya membentuk sebuah terowongan diatas jalur logam tua itu.

Sehingga orang Rumania bilang terowongan kereta ini keajaiban alam dan terletak sekitar separuh jalan antara Obreja dan Glimboca. Terowongan cinta tersebut menjadi salah satu tempat yang paling romantis di negara Rumania dan diberi peringkat oleh Parlemen Eropa sebagai daftar harta karun yang tersembunyi di Uni Eropa serta patut untuk dikunjungi.

Baca juga: Seikan, Terowongan Kereta Terpanjang dan Terdalam di Dunia

Sayangnya terowongan ini cukup sulit untuk ditemukan, bahkan karena alaminya menjadi satu dengan alam. Maka, pada 2013 lalu, Discover Europe diluncurkan dengan menggunakan aplikasi Foursquare. Setelah Foursquare kini, sudah banyak aplikasi lain yang diberikan ijin oleh pihak yang memegang kewenangan di Rumania untuk mempromosikan terowongan cinta yang berada di Glimboca ini.

Setelah banyak orang yang mengetahui, tempat ini dimanfaatkan para fotografer dan pasangan yang akan menikah melakukan sesi foto. Sebenarnya untuk sampai ke Tunnel of Love jaraknya sepuluh kilometer dari Caransebes. Untuk menemukannya pun setelah meninggalkan kota Caransebes ke arah timur sepanjang jalan negara, pelancong harus berhati-hati.

Sebab, jalur kereta ini hampir tidak terlihat, maka jika melihat adanya rel berkarat, ini petunjuk yang akan menuntun ke terowongan tersebut. Terowongan ini sendiri dulunya merupakan jalur kereta api bukan listrik yang diresmikan pada 11 November 1908 dan 1909. Jalur kereta tersebut dulunya menghubungkan Caransebes, Bautar dan Subcetate.