Yuk! Intip Tempat Istirahat Awak Kabin Virgin Australia

Bagaimana dan dimana awak kabin serta pilot istirahat dalam perjalanan jauh? Hal ini pasti sering sekali ada di dalam benak pikiran para penumpang pesawat dalam perjalanan jauh lebih dari lima jam.

KabarPenumpang.com melansir dailymail.co.uk (1/5/2017), para awak kabin Virgin Australia telah menyingkap tempat ‘persembunyian’ mereka untuk beristirahat yang sangat kecil di dalam kabin. Belum lama ini awak kabin dan pilot Virgin Australia merilis foto-foto yang menunjukkan dimana mereka tidur dalam penerbangan internasional dan pastinya lebih nyaman dari kursi ekonomi yang sempit walaupun tidak terlalu mewah.

Baca juga: Intip Secret Airplane Bedrooms, Tempat Awak Kabin Melepas Penat

Foto yang tersebar ini saat perjalanan maskapai tersebut langsung dari Australia menuju Amerika Serikat. Dari atas Boeing 777-300ER yang digunakan terlihat foto tempat tidur pilot dan awak kabin untuk beristirahat agar tetap awet muda dan selalu ceria membantu penumpang.

dailymail.co.uk

Tempat beristirahat ini letaknya di atas kabin kelas ekonomi dan bisnis Virgin Australia. Dari foto-foto yang disebar tersebut memberikan pemikiran baru dan langka serta tempat tersembunyi tentang kehidupan awak kabin dan pilot yang selalu dibatasi agar tidak ada penumpang yang tahu keberadaan tempat tersebut.

dailymail.co.uk

“Mengingat penerbangan durasi penerbangan bisa mencapai 15 jam, maka penting bagi awak pesawat dan kabin kami untuk beristirahat selama penerbangan berada pada posisi terbaik saat mengoperasikan pesawat dan melayani penumpang. Untuk mencapai hal ini, kru kami akan kembali ke dua tempat istirahat kru yang ditunjuk dalam shift selama penerbangan untuk beristirahat selama sekitar empat jam dalam penerbangan seperti di rute Sydney – Los Angeles,” ujar juru bicara Virgin Australia.

dailymail.co.uk

Dalam pesawat ini pilot memiliki dua tempat tidur yang terletak di kedua sisi pesawat, sedangkan awak kabin memiliki delapan tempat tidur single dengan seprai, selimut dan bantal yang nyaman. Tempat tidur ini memiliki ukuran sepanjang enam kaki yang bisa dilipat kecil dan di simpan pada sudut-sudut pesawat yang sempit.

Baca juga: Gawat! Pilot Ini Tertidur Setelah Lepas Landas

Dalam 15 jam perjalanan para awak kabin biasanya membuat shift agar bisa bergantian untuk beristirahat, begitupun juga dengan sang pilot. Pada saat beristirahat, biasanya mereka bisa menikmati hiburan yang sama dengan penumpang.

dailymail.co.uk

Jangan berpikir awak kabin akan menggunakan bajunya untuk tidur, sebab dari mereka banyak yang menggunakan piyama saat beristirahat dan biasanya mengatur alarm untuk memastikan tidak terlambat saat kembali ke dek. Biasanya baju seragam yang digunakan para awak kabin ini, di gantung di depan tirai agar tahu siapa yang ada di balik tirai tersebut.