Seorang Wanita Bawa Pisau dan Lolos dari Alat Pemindai, 3 Ribu Penumpang Tertahan di Bandara Auckland

Antrian penumpang di kemanan bandara dan petugas yang melakukan pencarian (www.news.com.au)

Penundaan penerbangan karena cuaca seperti badai atau masalah maintenece biasa terjadi. Tapi bagaimana jika penundaan disebabkan seorang penumpang yang membawa senjata tajam dalam tas tangannya dan melenggang begitu saja masuk ke terminal setelah lolos dalam pemeriksaan di pos keamanan.

Baca juga: Bawa Pistol Pink, Seorang Wanita Diamankan Petugas TSA Bandara Internasional Richmond

Bulan lalu tepatnya pada 24 April 2018 seorang penumpang wanita membawa pisau dalam tas jinjingnya di bandara Auckland di Selandia Baru tetapi berhasil melewati keamanan saat tasnya melalui mesin pemindai. KabarPenumpang.com melansir dari laman news.com.au (25/4/2018), sebab setelah wanita tersebut meninggalkan pemindaian dan keamanan bandara serta menuju terminal, tak lama pemeriksaan keamanan di tutup.

Kemudian pihak keamanan bandara menyatakan darurat keamanan dan melakukan penggeledahan seluruh terminal untuk mencari wanita yang membawa pisau itu.

“Wanita tersebut membawa pisau di tas jinjingnya,” ujar juru bicara kemanan penerbangan di Selandia baru.

Petugas keamanan bandara mengatakan setelah wanita tersebut ditemukan, mereka tidak menahannya. Kemudian pihak keamanan Bandara Auckland kembali memulai prosedur pemindaian kemanan yang sempat tertunda tersebut dan mengambil beberapa waktu untuk membersihkan backlog dari penumpang yang menunggu untuk di proses.

“Keamanan Penerbangan telah mengatakan ada pelanggaran keamanan tetapi sekarang telah menemukan penumpang yang terlibat. Mereka sekarang akan memulai kembali skrining tetapi akan membutuhkan waktu untuk membersihkan backlog, kami menghargai kesabaran Anda,” ujar akun Twitter @AKL_Airport milik bandara Auckland.

Penundaan ini viral di Twitter melalui foto-foto dengan beberapa caption yang dibuat oleh para penumpang yang terkena penundaan. Jeanine Kobylinski yang menggunakan akun bernama @JeanineKobylins mengatakan “keamanan Bandara Auckland ditutup. #aucklandairport”.

Baca juga: Gigih Lawan Petugas Keamanan Bandara, Penumpang American Airlines Diamankan Polisi Miami

“Wisatawan Kiwi sangat santai dalam menghadapi penundaan besar setelah pelanggaran keamanan Bandara Auckland. “Ada orang yang melompati x-ray” @AKL_Airport,” ujar akun Twitter @JKenyonMusic

Karena hal tersebut sebanyak tiga ribu penumpang terlibat dalam insiden dan ikut menjadi korban penundaan. Serta empat penerbangan berpengaruh yakni Air New Zealand dan Virgin Australia ke Christchurch dan Gisborne pada jam 19.00 waktu setempat ditunda dan penerbangan ke Bay of Island dengan dua maskapai tersebut juga tekena imbasnya.