Mau Melancong ke Hong Kong? Ada 8 Tips Penting untuk Pemula

Taksi merah di Hong Kong (www.gettingstamped.com)

Setelah Singapura, Hong Kong adalah destinasi luar negeri paling favorit bagi warga Indonesia. Selain waktu penerbangan yang tak terlalu lama (5 jam dengan direct flight dari Jakarta), berwisata ke Hong Kong ibarat menyambangi negara-negara di Asia Tenggara, lantaran untuk ke Hong kong tak diperlukan visa wisata.

Baca juga: Mau Ke Banyuwangi Naik Kereta? Berikut Tipsnya

Nah, untuk bepergian mengelilingi Hong Kong, apalagi yang baru pertama kali, KabarPenumpang.com sudah merangkum beberapa tips dari gettingstamped.com untuk Anda. Berikut ini tips yang bisa gunakan selagi mengunjungi Hong Kong.

1. Menggunakan Airport Express
Perjalanan dari dan ke Bandara Internasional Hong Kong bisa lebih mudah dengan Airport Express. The Airport Express ini memudahkan perjalanan Anda dan menghubungkan Kowloon dan Pulau Hong Kong dalam waktu 24 menit. Untuk mendapatkan tiket kereta ini, Anda bisa mengantrinya di loket atau bisa memesannya melalui Klook.com atau salah satu aplikasi online pemesanan tiket. Kereta tujuan Pulau Hong Kong bisa dibeli untuk sekali perjalanan atau pulang pergi.

Tarif untuk sekali jalan dari bandara menuju Pulau Hong Kong US$6 atau Rp84 ribu dan pulang pergi US$16 atau Rp226 ribu. Sedangkan dari bandara menuju Kowloon sekali jalan dikenakan tarif US$8 atau Rp113 ribu dan pulang pergi US$15 atau Rp212 ribu. Tetapi jika ingin memesan kendaraan pribadi antar jemput tarif yang dikenakan US$47 atau Rp664 ribu jika Anda tidak memesan di bandara. Pemilihan taksi ini bila hotel tempat menginap jauh dari MTR (Mass Transit Railway).

2. Gunakan kartu octopus
Salah satu yang memudahkan pelancong di Hong Kong adalah memiliki kartu octopus. Kartu ini seperti alat pembayaran yang berfungsi diseluruh Hong Kong. Dengan kartu ini, pelancong bisa menggunakannya untuk stasiun MTR Hong Kong, star ferry, Peak Trem dan beberapa tempat makan. Kartu octopus bisa dikatakan kartu terbaik untuk pelancong dimana pelancong membayar deposito HK$50 atau Rp90 ribu dan akan dikembalikan saat kartu sudah tak lagi digunakan. Kartu ini bisa dibeli di semua stasiun MTR dan bila Anda melalui bandara bisa membeli di Stasiun Airport Express.

3. Pilih penginapan di pusat kota
Memilih penginapan ditengah kota menjadi salah satu yang paling menyenangkan. Selain dekat dengan MTR, pengeluaran pun semakin sedikit karena hanya berjalan kaki menuju stasiun. Apalagi di pusat kota biasanya banyak sekali restoran unik dan hal-hal unik tak jauh dari penginapan.

4. Gunakan MTR
MTR (MRT) merupakan transportasi yang bisa digunakan pelancong dan memudahkan untuk mengunjungi tempat-tempat di Hong Kong. Dengan menggunakan kartu octopus, pelancong hanya menempel kartu tersebut dan bisa berkeliling kota dengan mudah. Bila tiba di tujuan dan mencari lokasi dari stasiun, Anda bisa menggunakan Google Maps sebagai bantuan pilihan.

5. Mencari makanan murah di Hong Kong
Makanan di Hong Kong bisa dikatakan terbilang mahal, tetapi bagi Anda yang mencari makanan murah juga banyak. Pergi dengan Hong Kong Foodie Tours yang bisa membantu Anda sebagai pelancong baru untuk mendapatkan tempat makan murah dan terbaik di Hong Kong. Makan dimsum untuk dua orang saja bisa kurang dari Rp180 ribu.

6. Victoria Peak Trem atau Taksi
Untuk mencapai Victoria Peak, bisa menggunakan Trem untuk pulang pergi dengan tarif HK$88 atau Rp158 ribu. Tarif ini sudah termasuk dengan tiket masuk Sky Terrace 428. Tetapi dengan Trem memakan waktu dua jam untuk sampai ke puncak. Sedangkan jika menggunakan taksi atau Uber tarif tergantung lalu lintas dan titik penjemputan, biasanya sekitar HK$65 atau Rp117 ribu dan tiba di Victoria Peak dalam waktu 15 menit serta mendapatkan pemandangan yang sama di The Peak Galleria secara Gratis.

7. Sedia payung
Karena cuaca Hong Kong yang tidak bisa diprediksi, baiknya bawa payung selalu di dalam tas. Sebab Hong Kong sendiri mendapat 101 hari hujan per tahunnya. Jika menggunjungi pada bulan September, rata-rata 8,5 inchi hujan dan pergi selalu dengan payung. Jika lupa penjual payung pasti ada satu di setiap tempatnya.

Baca juga: Baru Pertama ke Tokyo? Jangan Bingung, Ikuti Tips Ini Agar Tidak Keder!

8. Taksi Hong Kong
Berbeda dengan kota atau negara lainnya, Hong Kong ternyata memiliki tarif taksi yang murah. Dua kilometer pertama hanya dikenakan HK$22 atau Rp39 ribu dan akan dikenakan HK$1,60 atau Rp2.887 per 200 meter berikutnya. Untuk menggunakan taksi bisa disarankan naik dari bandara, seberang jembatan, jam sibuk,atau yang mudah dijangkau MTR.

Uber juga ada di Hong Kong, tetapi sayang tarifnya lebih mahal dibanding taksi merah di dalam kota. Harga untuk Uber di Hong Kong jauh lebih baik untuk jarak yang lebih jauh seperti ke bandara dan bagian luar kota. Namun, di wilayah kota, harga Uber bisa dua kali lipat lebih mahal dari taksi biasa di Hong Kong.