Hiba Utama, PO Legendaris yang Berkibar di Bisnis Bus Pariwisata

Tampilan bus Hiba Utama masa kini

Siapa yang tak kenal dengan Perusahaan Otobus Hiba Utama? PO ini sangatlah legendaris dibandingkan dengan yang lainnya. Hadir di Indonesia sejak 1949, PO Hiba Utama tumbuh untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang nyaman, aman dan berkualitas.

Baca juga: PO Pahala Kencana, dari Kudus Hingga Akhirnya Berpusat di Jakarta

Kini, banyak PO yang menutup garasinya dan PO Hiba Utama justru bertahan dari persaingan yang ada. PO Hiba Utama kini menjadi salah satu yang terus berkembang meski sengitnya persaingan bus sekarang.

Bahkan kini PO Hiba Utama sudah berkembang menjadi sebuah grup perusahaan bus bernama Hiba Group. KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, PO Hiba Utama sendiri memiliki perbedaan dengan PO lainnya, dimana Hiba Utama lebih mengutamakan layanananya pada pariwisata dan antar jemput karyawan.

Sedangkan PO lainnya membuka trayek baik itu pulau Jawa maupun ke luar pulau Jawa seperti Bali, Sumatera hingga Lombok. Namun, setelah melebarkan perusahaanya, Hiba Utama mendirikan PO Laju Prima pada akhir tahun 90-an.

PO Laju Prima ini yang kemudian memiliki layanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Awal pendirian PO Laju Prima ini memiliki trayek Merak-Bandung PP dan Merak-Kampung Rambutan PP.

Dengan berkembangnya perusahaan ini, dengan memiliki keberagaman armada, PO Hiba Utama memiliki pool yang tersebar dikawasan Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Tahun 1998 hingga 2003, Hiba Group terpilih sebagai pilot project udara bersih yang diadakan oleh Swiss Foundation for Technical Cooperation (Swiss Contact).

Ini adalah sebuah proyek peduli lingkungan dalam pengurangan emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar. Pada proyek ini Hiba Group dengan armadanya berhasil mengurangi emisi gas buang sampai dengan 70 persen dan melanjutkan proyek tersebut hingga mencapai target mengurangi emisi gas buang hingga lebih dari 95 persen.

Melihat komitmen dan keberhasilan Hiba Group selama ini, Swiss Contact akan melanjutkan kerja sama dalam proyek Eco Driving, di mana pengemudi akan diajarkan cara mengemudi yang baik dan benar agar kendaraan dapat lebih hemat bahan bakar. Tak hanya itu, PO Hiba Utama sendiri selalu memilih bus premium dengan sasis terbaik selain menggunakan body buatan karoseri dalam negeri, PO yang satu ini juga tak segan mengimpor bus build up dari luar negeri seperti Golden Dragon.

Baca juga: PO Sinar Jaya, Tawarkan Kenyamanan dengan Harga Bersahabat

Tetapi Hiba Utama kini lebih banyak terlihat menggunakan bus dari karoseri dalam negeri seperti beberapa seri bus menggunakan body Legacy Sky SR-1 dari Laksana. Body Jetbus SHD 2 milih Hiba Utama menggunakan dari karoseri Adiputro.

Hiba Utama pernah mendapatkan penghargaan Adi Karya Wisata selama empat tahun berturut yakni tahun 1993, 1994, 1995 dan 1996. Mereka juga mendapatkan penghargaan dari Adikaryottama Wisata pada 1996 dan 2001 lalu.