Helikopter Kursi Tunggal Ini Dibandrol Hanya US$20 Ribu

Youtube.com

Transportasi makin hari makin canggih. Hal ini tak menutup kemungkinan untuk Anda berkreasi membuat suatu transportasi dengan teknologi tinggi yang baru dengan ultralight. Salah satunya membuat alat transportasi terbang sendiri yang bisa dikembangkan dari alat olahraga terbang yang ada saat ini.

Dilansir dari newatlas.com (2005), seorang ahli mesin bernama John Uptigrove mendesain helikopter untuk satu orang. Helikopter dengan tipe Mosquito ini bisa dibeli dengan harga US$20ribu untuk rangkanya saja. Saat mengudara helikopter ini akan seperti nyamuk. Namun bentuknya yang tidak memiliki penutup pada bodynya membuat pengendara rentan terhadap musibah yang menimpanya, tetapi untuk Anda yang menginginkan keamanan juga bisa membeli tipe XE atau XEL yang dibandrol US$23 ribu.

newatlas.com
newatlas.com

Untuk membangun kit atau rangka helikopter ini, setidaknya dibutuhkan waktu 200-300 jam. Menurut Uprtigrove, ada helikopter lain yang mirip dengan buatannya, tetapi harga yang diberikan lebih mahal dari miliknya. Helikopter tipe Mosquito ini tidak membutuhkan biaya yang besar dalam pemeliharaan maupun saat pengoperasiannya. “Dengan menciptakan sebuah helikopter ultralight Ia menawarkan kemampuan dengan biaya yang minim dan tidak berurusan dengan hal rumit,” ujar Uptigrove.

Hingga kini helikopter Uptigrove dari Innovator Technologies telah dijual sebanyak 37 unit. Populasi “Nyamuk” ini sudah tersebar Helikopter ini terjual dua unit di Jepang, dua unit di Kanada, satu unit di Spanyol, satu unit di Perancis, satu unit di Belgia dan sisanya di Amerika Serikat. Tak hanya itu, Uptigrove juga telah membuat selusin model helikopter ini. Pembuatan helikopter hanya rangka tahun 2002 dan dan model XE tahun 2004.

The Ultralight Legal Mosquito dan Mosquito XEL hanya diperbolehkan membawa lima galon bahan bakar karena hanya mampu terbang sekitar 96 km. Sedangkan XE mampu membawa 12 galon bahan bakar dengan jangkauan 241 km.

newatlas.com
newatlas.com

“Saya menjualnya dalam dolar AS karena itu adalah pasar utamanya. Tetapi saya tinggal di Kanada dan dolar Kanada terus meranjak naik dan membuat keuntungan saya semakin buruk. Jadi saya harus tetap menaikkan harga untuk mencocokkan,” Jelasnya.

Untuk bingkai modelnya, Uptigrove memberikan harga US$2995. Dia percaya keselamatan adalah hal terpenting dalam penerbangan dan setiap pembeli harus membuktikan kalau memiliki sertifikat pelatihan helikopter untuk setidaknya signoff atau minimal 10 jam instruksi saat pembelian terakhir dan Innovator akan memberikan diskon US$2 ribu untuk membatu membayar pelatihan Anda.