Hanya Dengan Single Runway, Bandara di Mumbai Layani 837 Penerbangan Per Hari

Runway Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji. Sumber: hindustantimes

Pernahkah terlintas di benak Anda tentang sebuah bandara dengan landas pacu tunggal (single runway) tapi mampu menangani 837 penerbangan setiap harinya? Sebuah angka fantastis yang mampu membawa bandara tersebut menjadi bandara dengan landas pacu tunggal tersibuk di dunia. Lebih mengejutkan lagi, tidak ada kota besar lain di dunia yang hanya memiliki satu bandara, apalagi Bandara tersebut hanya memiliki landas pacu tunggal. Dengan predikat tersebut, maka bandara ini secara resmi menggeser posisi bandara Gatwick di Inggris yang mampu melayani 757 penerbangan setiap harinya.

Adalah Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji di Mumbai menjadi bandara dengan landas pacu tunggal tersibuk di dunia dilihat dari rata-rata fiskal pada tahun 2017 ini. Bandara yang mulai beroperasi pada tahun 1942 ini mampu menerbangkan atau mendaratkan satu pesawat per 65 detik. Ditengok dari segi penumpangnya pun, bandara yang dikelola oleh Mumbai International Airport Limited (MIAL) ini mengungguli bandara Gatwick, dimana Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji mampu melayani 45,2 juta penumpang sedangkan bandara Gatwick hanya 44 juta penumpang. Angka tersebut diperoleh dari rata-rata fiskal tahun 2017.

Terminal 2 Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji. Sumber: apaoindia

Berdasarkan data yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman mediaindia.eu, Sabtu (20/5/2017), dari jumlah penumpang yang ada di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji tersebut, sebanyak 12,4 juta penumpang merupakan pelancong internasional. Air Traffic Controller (ATC) di bandara ini melayani dua kedatangan per 130 detik dan satu keberangkatan diantara dua waktu kedatangan tersebut. Juru bicara Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji menyebutkan, angka pergerakan pesawat di bandara tersebut mengalami peningkatan untuk hari-hari tertentu. “Bisa mencapai 900 pergerakan (keberangkatan dan kedatangan) per harinya,” ungkapnya.

Baca Juga: Serba Kecil dan Fasilitas Standar, Inilah Bandara-Bandara Terkecil di Dunia

Saat ini, Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji memiliki jaringan yang lebih luas, yaitu lebih dari 95 penerbangan domestik dan internasional. Perkembangan terbaru dari bandara yang terletak di Saki Naka, Mumbai, Maharashtra, India ini mampu menampung  dua Airbus A350-900 yang menjadikannya satu-satunya bandara di negara ini yang mampu menangani operasi sehari-hari dari dua pesawat penumpang premium paling maju di dunia.

Baca Juga: Hang Nadim, Bandara dengan Landas Pacu Terpanjang di Indonesia

Juru bicara bandara tersebut mengatakan ada beberapa pekerjaan rumah yang tengah dilakukan pihak bandara untuk meningkatkan efisiensi operasional, diantaranya mempercepat laju beberapa proyek yang tengah digarap termasuk pembangunan jalan keluar yang lebih tertata agar dapat meminimalisir penumpukan di gerbang keluar. “Selain itu juga kami tengah berusaha untuk melebarkan landas pacu dan jalan raya, serta memperbaiki pengelolaan wilayah udara untuk membantu mengakomodasi lalu lintas agar lebih lancar,” terangnya.