Gunakan Teknologi Mobile-Encoding, Netflix Siap Manjakan Penumpang Pesawat

Sumber: istimewa

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di industri hiburan, Netflix berencana untuk memfasilitasi para penumpang pesawat dengan layanan streaming. Ini bertujuan agar penumpang tidak merasa bosan karena terpaksa menempuh perjalanan jauh. Seperti sudah menjadi rahasia umum dimana sebagian penumpang merasa tidak nyaman selama mengudara karena estimasi perjalanan yang sangat menyita waktu.

Baca Juga: Tahun 2020, Dipercaya 14.419 Pesawat Komersial Gunakan Akses WiFi di Kabin

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman variety.com (25/9/2017), Netflix mempercayakan teknologi mobile-encoding, dimana penumpang dapat menonton siaran di Netflix dengan kualitas tinggi selama mereka mengudara dan bisa menghemat pengeluaran data hingga 75 persen.

Sebagaimana yang tertera di laman sumber, pada tahun 2015 silam, Netflix menandatangani kesepakatan dengan Virgin America (yang sekarang menjadi bagian dari Alaska Air Group) untuk menawarkan layanan WiFi gratis dalam beberapa perjalanan. Sejak itu, Netflix telah meluncurkan kemitraan serupa dengan beberapa maskapai lain, seperti Aeromexico, Qantas dan Virgin Australia.

Pada maskapai yang sudah menjadi mitra, Netflix menawarkan akses WiFi generasi selanjutnya, dimana akses tersebut dilengkapi dengan KaK-band dan Gogo 2Ku. Layanan tersebut berfungsi agar penumpang dapat mengakses Netflix melalui gadget (smartphone dan tablet) yang mereka bawa tanpa dikenakan biaya tambahan. Dalam kasus ini, Netflix melihat kesepakatan yang mereka jalin dengan pihak maskapai merupakan salah satu jalan untuk mengakuisisi pelanggan lainnya. Seperti ajang promosi abu-abu, dimana maskapai yang belum bermitra dengan Netflix akan terpicu untuk bekerja sama dengan perusahaan yang berbasis di California tersebut.

Netflix mengatakan bahwa mobile-encoding yang lebih efisien yang tengah mereka kembangkan dapat menghadirkan video berkualitas DVD pada gadget Anda seharga 250 kilobit per detik. Secara keseluruhan, penggunaan mobile-encoding dapat memberikan kualitas video setara dengan menggunakan bandwidth hingga 36% lebih rendah daripada menggunakan teknik pengkodean konvensional.

Baca Juga: Ini Lho Fungsi Lain dari Airplane Mode!

Sementara itu dari segi maskapainya, selain dapat memanjakan penumpang, mereka juga bisa mendapatkan model layanan terbaru di seputaran WiFi. Menurut Netflix, kerja sama semacam ini juga bisa memberikan kesadaran pada maskapai lain yang belum berinvestasi di bidang layanan jaringan selama penerbangan, yang akan berdampak positif pada kepuasan pelanggan.

Netflix mengumumkan prakarsa in-flight baru untuk maskapai penerbangan ini di perhelatan APEX Expo 2017, yang diselenggarakan pada 25-28 September 2017 di Long Beach, California.