Better Airport, Sistem Baru Atasi Antrean di Bandara Luton

Sumber: nats.aero

Malas menunggu antrean memang menjadi kebiasaan buruk beberapa orang yang akan berdampak pada terciptanya suasana yang tidak kondusif, seperti antrean menjadi tidak karuan, saling dorong, dan lain sebagainya. Terlebih ketika semua orang berbondong-bondong untuk mendapatkan tiket sesuai jadwal yang sudah mereka tentukan sebelumnya, tentu saja kejadian memancing emosi tersebut semakin sulit dihindari.

Sebuah bandara di Inggris memiliki terobosan dalam mengurai antrean saat pengecekan keamanan. Adalah Luton International Airport yang berharap dengan adanya ‘The Better Airport’ sistem, platform baru ini, dapat membantu petugas bandara untuk menghitung jumlah penumpang pada waktu tertentu, memposisikan petugas sesuai dengan kebutuhan, serta menghindari adanya keterambatan. Sebenarnya, ini bukanlah teknologi baru mengingat bandara Dublin di Irlandia dan bandara Geneva di Swiss sudah terlebih dahulu menggunakan teknologi ini.

Langkah bijak ini ditempuh oleh pihak bandara mengingat lonjakan penumpang sebesar 18,5% yang menggunakan bandara Luton tahun lalu menjadi 14,5 juta penumpang pada tahun ini. Meliput dari laman travelweekly.co.uk pada Rabu (19/4/2017), pihak bandara mengaku perbaikan area keamanan merupakan bagian penting dari proyek transformasi sebuah bandara. Tidak main-main, perubahan yang menghabiskan dana senilai 110 juta poundsterling itu diharapkan menjadi solusi dari permasalahan antrean tersebut. “Memungkinkan tim operasi mengelola jumlah penumpang yang lebih banyak,” tuturnya.

Neil Thompson selaku Direktur Operasional bandara Luton mengatakan pengadaan sistem baru ini menandai tonggak sejarah lain dalam perubahan bandara dewasa ini. “Penumpang akan mendapatkan keuntungan dari perjalanan yang lebih terintegrasi melalui area keamanan berkat sistem inovatif ini,” ungkap Neil kepada travelweekly.co.uk. Perlu diketahui, sistem ‘The Better Airport’ ini di sepenuhnya disediakan oleh sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perangkat lunak (software) asal Denmark, Copenhagen Optimization.

Senada dengan Neil, Kasper Hounsgaard selaku managing partner dari bandara Luton mengatakan ingin memberikan dampak positif terhadap bandara tersebut melalui kemajuan teknologi yang ada. “Sama halnya dengan meningkatkan pelayanan kepada penumpang yang hampir setiap hari melakukan perjalanan melalui bandara Luton,” pungkas Kasper. “Mampu mengakses semua ‘Better Airport’ di hampir semua gadget, dari mulai laptop, tablet, dan smartphone, akan membuat komunikasi dan pelacakan operasi bandara lebih intuitif dan bebas dari gangguan.” Tutupnya.