Berdasarkan Luas Lahan,10 Bandara Ini Jadi Yang Terbesar di Dunia

Bandara internasional King Fadh

Ada beragam ukuran yang mengindikasikan ‘besarnya’ suatu bandara, bisa diukur dari fasilitas untuk calon penumpang, area parkir, sampai dukungan apron untuk fungsi lalu lintas penerbangan. Namun yang paling mudah menjadi ukuran terbesar adalah luas lahan pada keseluruhan area si bandara yang dimaksud. Dan KabarPenumpang.com merangkum dari worldatlas.com tentang bandara-bandara yang dianggap terbesar berdasarkan luas lahan yang dikelolanya.

Baca juga: Duuh! Ini Dia 10 Bandara Terburuk di Dunia

1. Bandar Internasional King Fahd
Bandara ini adalah yang terbesar di dunia dan memiliki luas 78 ribu hektar. Desain bandara ini dimulai tahun 1976 dan di rancang oleh arsitek Yamsaki dan Associates bersama dengan Aerosystem Internasional.

Pembangunan awal bandara ini dimulai 1983 dan selesai tahun 1999. Bandara ini memiliki enam terminal penumpang. Tiga diantaranya untuk proses penumpang, satu untuk kedatangan, satu untuk keberangkatan dan satu untuk asrama. Adapun luas terminal penumpangnya yakni 3.520.000 persegi dan dilengkapi banyak loket pelanggan dimana 66 disediakan untuk maskapai Saudi, 44 untuk maskapai asing da sisanya untuk imigrasi dan bea cukai.

Pada bagian atas bandara King Fadh memiliki masjid dengan desain modern yang mampu menampung 2000 jamaah. Bandara ini juga memiliki terminal yang diperuntukkan bagi keluarga kerajaan, pejabat pemerintah dan pejabat asing. Luas terminal kerajaan seluas 177 ribu persegi.

2. Bandara Internasional Denver
Bandara yang terletak di Colorado, Amerika Serikat ini merupakan bandara terbesar kedua di dunia dan Amerika Serikat dengan luas wilayah 13.736 hektar. Bandara ini memiliki landasan pacu terpanjang di Amerika tahun 2015 lalu dan menjadi bandara tersibuk ke 18 di dunia dan ke enam di Amerika Serikat dengan lalu lintas dengan penumpang lebih dari 54 juta penumpang.

Denver Internasional Airport

Denver juga memiliki koneksi domestik terbesar ketiga di AS dan memiliki koneksi nonstop di seluruh Eropa, Asia, Amerika Utara dan Amerika Latin yang melayani 178 destinasi. Selama enam tahun berturut-turut, bandara terbesar di dunia ini terpilih sebagai bandara terbaik di Amerika Utara dari tahun 2005 sampai 2010.

Bandara ini berfungsi sebagai pusat utama Frontier Airlines dan yang terbesar keempat untuk United Airlines dengan memiliki 375 keberangkatan setiap hari dari 141 destinasi.

Diketahui, bandara Denver adalah satu-satunya bandara AS yang enerapkan sistem pengelolaan lingkungan yang mencakup seluruh bandara. Mulai beroperasinya bandara ini tanggal 29 Oktober 1993 lalu.

3. Dallas / Fort Worth International
Bandara Dallas menjadi yang ketiga terbesar di dunia dengan luas bandara 7800 hektar. Bandar ini terletak di Amerika Serikat.

4. Shanghai Pudong InternationalDuuh! Ini Dia 10 Bandara Terburuk di Dunia
Bandara yang berada di negeri tirai bambu ini menempati urutan keempat terbesar di dunia dengan luas bandara 3.350 hektar.

Bandara internasional Charles de Gaulle

5. Charles de Gaulle
Menjadi salah satu tujuan wisata, negara Perancis juga memiliki bandara terbesar di dunia dengan luas 3.200 hektar.

6. Madrid Barajas
Bandara di Spanyol ini memiliki luas 3.050 hektar dan menempati urutan keenam dari 10 bandara terbesar lainnya.

Madrid Airport

7. Bangkok International
Bangkok, tempat destinasi paling sering dikunjungi masyarakat dunia. Bandara Bangkok sendiri memiliki luas 2.980 hektar

8. Chicago O ‘Hare
Diurutan kedelapa ada Chocago O’Hare yang berada di Amerika Serikat dengan memiliki luas 2.160 hektar.

Baca juga: 10 Bandara Ini Punya Landasan Paling Ekstrim

9. Kairo Internasional
Bandara Kairo yang terdapat di Mesir ini memiliki luas 2.550 hektar dan berada diurutan kesembilan terbesar di dunia.

Cairo Airport

10 Beijing Capital International
Diurutan kesepuluh ditempati Bandara Beijing yang memiliki luas 2.330 hektar.