6 Tips Ampuh Menahan BAB Saat Perjalanan Jauh

Foto: wpmedia.o.canada.com

Tiba-tiba mules dan ingin buang air besar (BAB) saat di perjalanan pastinya mengganggu Anda. BAB adalah kebutuhan setiap manusia, dan tidak baik untuk menahan keluarnya BAB. Anjuran yang baik untuk BAB adalah setiap pagi hari, namun terkadang saat berada di mobil, bus, travel, atau KRL akan sulit untuk menahan keinginan untuk BAB apalagi Anda terbiasa BAB di tempat yang nyaman dan bukan dalam toilet kendaraan. Pastinya, dengan kebiasaan seperti itu akan membuat Anda memilih BAB saat tiba di tempat tujuan atau mencari toilet terdekat bila menggunakan mobil.

Dan berikut ini KabarPenumpang.com memberikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat menahan BAB dalam perjalanan :

1. Bersikap tenang, jangan panik dan santai
Pastinya Anda harus tenang, jangan panik dan santai. Memang, hasrat ingin BAB tidak enak dan membuat Anda tidak nyaman. Bila panik, justru hasrat Anda untuk BAB makin besar. Baiknya atur nafas Anda agar tetap tenang sembari mencari toilet atau menunggu tiba di tempat tujuan.

Tanyoe.com
Tanyoe.com

2. Jangan dipikirkan
Usahakan Anda tidak memikirkan rasa ingin BAB, karena bila dipikirkan terus justru akan membuat Anda semakin ingin BAB. Pikirkan hal-hal yang menyenangkan dan buat daftar kegiatan Anda sehari-hari bila sampai ditempat tujuan.

3. Gerakkan tubuh
Silangkan kaki sekuat-kuatnya dan duduk agak bersandar kekursi dengan posisi hampir tiduran. Tekan bagian pantaat untuk menahan agar BAB tidak keluar. Anda juga bisa berjalan perlahan-lahan jangan berlari.

4. Jangan makan apapun
Jauhkan pandangan Anda dari makanan. Bila Anda makan, hasrat BAB akan semakin kuat dan jika Anda perokok, baiknya hindari rokok untuk menahan hasrat BAB.

5. Genggam batu atau simpan batu dalam kantong
Mungkin ini mitos ataupun sugesti untuk menahan hasrat untuk BAB. Kalau mau mencoba, Anda bisa menyimpan batu saat mules melanda Anda.

6. Berdoa
Yang terakhir ini, pastinya wajib banget, selain berdoa agar cepat mendapat toilet mungkin Anda juga berdoa agar cepat sampai tempat tujuan.

Sayangnya, untuk Anda yang dalam perjalanan jauh menggunakan kereta api atau pesawat dengan waktu yang lebih dari 10 jam, mau tak mau, Anda harus memaksakan BAB di pesawat ataupun kereta. Karena BAB haruslah dibuang, sebab BAB adalah sampah yang dikelola tubuh untuk dibuang.