Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanAnti Mainstream, Naik Maskapai Ini Penumpang Bisa Dengar Komunikasi ATC dengan Pilot

Anti Mainstream, Naik Maskapai Ini Penumpang Bisa Dengar Komunikasi ATC dengan Pilot

Airplane entertainment systems atau biasa juga disebut in-flight entertainment (IFE) umumnya memungkinkan penumpang pesawat menikmati hiburan berupa film, musik, sampai games. Tetapi tidak, dengan United Airlines. Maskapai ini menawarkan penumpang ‘hiburan’ lebih yaitu mendengarkan komunikasi pilot dengan petugas air traffic controller (ATC). Ini disebut Channel 9.

Baca juga: Apa yang Terjadi Bila Pilot Tidak Berkomunikasi dengan ATC? Ini Jawabannya

Channel 9 sendiri adalah fitur eksklusif pada sistem hiburan audio United Airlines yang memungkinkan penumpang mendengarkan pertukaran komunikasi langsung antara pilot dan kontrol lalu lintas udara. Apapun yang dikatakan pilot dan ATC mulai dari sebelum lepas landas sampai setelah lepas landas seluruhnya dapat disimak tanpa sensor.

Bagi penumpang awam tentu ini biasa saja, tetapi tidak demikian dengan avgeek atau penumpang yang memiliki ketertarikan lebih terhadap dunia penerbangan.

Umum diketahui, sekalipun tugas utama pilot adalah menerbangkan pesawat, namun komunikasi dengan ATC adalah salah satu bagian terpenting dalam proses berlangsungnya penerbangan.

Setiap pilot di pesawat terbang harus berkomunikasi dengan Air Traffic Controller (ATC), mulai dari sebelum lepas landas, lepas landas, cruising, approach landing, landing, sampai kembali ke apron.

Baca juga: Sterile Cockpit Rule, Inilah Aturan yang Melarang Pilot dan Kopilot ‘Ngobrol’ Selama Penerbangan

Selama rangkaian penerbangan, pilot banyak berkomunikasi dengan ATC untuk berbagai hal, seperti clearance delivery, flight plan clearance, ramp control for gate pushback or entry, ground control for taxi, tower control for takeoff and landing, approach or departure control, center control for the cruise, dan banyak lagi.

Salah-salah sedikit, entah itu salah dengar atau salah mengartikan pesan satu sama lain, bukan tak mungkin penerbangan menjadi kacau.

Lebih kacau lagi bila pilot tidak berkomunikasi dengan ATC. Itu bisa menjadi hari yang panjang, dengan berbagai langkah penanganan yang melibatkan militer.

Dilansir Simple Flying, tidak ada kepastian kapan United Airlines mulai membuka akses Channel 9. Tetapi ini sudah berlangsung selama lebih dari dua dekade. Fitur ini pun menjadi pembeda dengan maskapai lainnya di Amerika Serikat (AS) sesama anggota Star Alliance ataupun di luar aliansi maskapai.

Baca juga: Siapa Saja yang Berkomunikasi dengan Pilot Sebelum Pesawat Lepas Landas?

Hanya saja, aturan sterile cockpit rule yang ketat membuat Channel 9 tidak menjadi keharusan bagi seluruh pilot United Airlines melainkan kebijaksanaan pilot saja. Jadi, sangat beruntung bila penumpang mendapatkan kesempatan mendengarkan langsung percakapan pilot dengan ATC.

Akan tetapi, sekali lagi, peluangnya sangat kecil di bawah aturan sterile cockpit rule dan perkembangan teknologi, dimana penumpang kemungkinan besar akan merekam percakapan pilot dan ATC serta mempostingnya di media sosial. Saat ini, Channel 9 sudah berganti nama menjadi From the Flight Deck. Armada Boeing 757-200 dan 737 United Airlines masih memasang Channel 9.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru