Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanGandeng Internet Satelit Starlink, Maskapai Ini Tawarkan Penumpang Gratis Nonton Netflix Selama...

Gandeng Internet Satelit Starlink, Maskapai Ini Tawarkan Penumpang Gratis Nonton Netflix Selama Penerbangan

Semakin banyak maskapai yang menggunakan jasa inflight WiFi internet satelit Starlink SpaceX. Terbaru, maskapai airBaltic mengumumkan kemitraan dengan perusahaan milik Elon Musk tersebut. Tak berhenti sampai di situ, maskapai juga menawarkan penumpang gratis nonton Netflix tanpa perlu login, termasuk tanpa login inflight WiFi.

Baca juga: Hawaiian Airlines Hadirkan Inflight WiFi Internet Satelit Starlink SpaceX, Jadi Maskapai Besar Pertama di Dunia

airBaltic selama ini memang dikenal sebagai salah satu maskapai paling inovatif. Masakapai asal Latvia itu sebelumnya dinobatkan sebagai maskapai pertama yang seluruh armadanya menggunakan Airbus A220 atau all aribus aircraft.

Saat demam kripto menjangkiti dunia, maskapai nasional Latvia itu menjadi maskapai pertama yang mengizinkan transaksi menggunakan mata uang kripto.

Terkait inflight WiFi internet satelit Starlink SpaceX bekercepatan tinggi di pesawat, airBaltic memang bukan yang pertama di dunia, tetapi maskapai itu jadi yang pertama di Eropa.

CEO airBaltic, Martin Gauss, mengatakan, keputusannya bekerja sama dengan Starlink tak lepas dari kemampuannya menghadirkan internet berkecepatan tinggi, sekitar 350 megabit per detik, selama dalam penerbangan, tanpa perlu login atau memasukkan password, memungkinkan 150 penumpang di kabin menonton Netflix tanpa berebut akses.

Hal itu, lanjutnya, membuat penumpang bebas melakukan apapun layaknya di darat tanpa terkendala sinyal; termasuk nonton film-film berkualitas di Netflix.

Saat ditanya berapa biaya untuk itu, ia memberikan sinyal bahwa layanan tersebut adalah bagian dari pembeda maskapai dengan yang lain. Tetapi tidak secara spesifik disebutkan bahwa itu gratis atau tidak.

Bila tak ada aral melintang, tahun ini layanan internet satelit Starlink SpaceX tersebut bisa dinikmati penumpang. Tanggal pastinya belum diketahui.

“Instalasinya sangat, sangat cepat dan akan otomatis – tidak rumit. Saat Anda masuk ke pesawat dan cukup pilih WiFi – tanpa kata sandi – dan Anda dapat memiliki akses internet kecepatan tinggi setiap saat. Anda dapat melakukan Netflix, Anda dapat melakukan semua aktivitas media sosial Anda, tanpa gangguan,” ujarnya.

Baca juga: Keren, Tahun 2022 Pesawat Airbus Terhubung Internet Berbasis Satelit Berkecepatan 1,8 Gbps!

“Saya sudah mengujinya. Saya pernah naik pesawat terbang dengannya, dan saya sangat terkesan. Ada kecepatan unduh hingga 350 megabit per detik, untuk memberi Anda gambaran. Jadi, jika semua orang ingin menonton Netflix pada saat yang sama, meskipun Anda memiliki sekitar satu megabit per detik, Anda masih dapat menonton Netflix,” tambahnya.

“Kami hanya memiliki 150 kursi di pesawat kami, sehingga setiap penumpang dapat menonton Netflix, bahkan bermain game pun dimungkinkan. Jadi kami tidak akan memiliki masalah dengan kecepatan,” tutupnya, seperti dikutip Simple Flying.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru