Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanHawaiian Airlines Hadirkan Inflight WiFi Internet Satelit Starlink SpaceX, Jadi Maskapai Besar...

Hawaiian Airlines Hadirkan Inflight WiFi Internet Satelit Starlink SpaceX, Jadi Maskapai Besar Pertama di Dunia

Hawaiian Airlines jadi maskapai besar pertama di dunia yang menghadirkan layanan WiFi onboard atau inflight WiFi dari internet berbasis satelit SpaceX, Starlink. Penumpang nantinya dapat menikmati layanan tersebut secara gratis di seluruh penerbangan dari dan ke Benua Amerika, Asia, dan Oseania. Hanya saja, tak disebutkan secara pasti kapan layanan ini bisa dinikmati penumpang.

Baca juga: JSX Airlines Jadi Maskapai Pertama Pakai Inflight WiFi Satelit Internet Starlink SpaceX

Layanan inflight WiFi internet satelit Starlink SpaceX maskapai terbesar di Hawaii tersebut akan hadir di banyak armada, seperti pesawat Airbus A330 dan A321neo, serta armada Boeing 787-9 Dreamliner.

Selain tiga armada itu, armada tua maskapai, Boeing 717, yang melayani penerbangan regional pendek antar Kepulauan Hawaii, juga akan dilengkapi internet satelit.

“Ketika kami meluncurkan dengan Starlink, kami akan memiliki pengalaman konektivitas terbaik yang tersedia di udara,” kata CEO Hawaiian Airlines, Peter Ingram.

“Para penumpang kami dapat menantikan Wi-Fi yang cepat, lancar, dan gratis untuk melengkapi keramahan Hawaii dalam pesawat kami yang telah memenangkan penghargaan,” tambahnya, dalam keterangan resmi maskapai.

“Hawaiian Airlines memastikan penumpangnya akan menikmati internet berkecepatan tinggi seperti yang kami harapkan di abad ke-21, membuat kerepotan seperti mengunduh film sebelum lepas landas adalah peninggalan masa lalu,” kata Wakil Presiden Penjualan Komersial Starlink SpaceX, Jonathan Hofeller.

“Dengan Starlink, pengalaman dalam penerbangan sangat disederhanakan sehingga begitu penumpang naik ke pesawat, internet bekerja dengan lancar selama penerbangan mereka,” jelasnya.

Dengan layanan inflight WiFi berbasis satelit Starlink SpaceX, penumpang sangat dimungkinkan untuk tetap melakukan berbagai aktivitas mereka bersama ponsel atau gawai layaknya di darat, seperti bermain games dengan kecepatan tinggi, berselancar di media sosial.

Menariknya, penumpang tidak perlu mendaftar terlebih dahulu, sebagaimana inflight WiFi yang saat ini ditawarkan maskapai global, untuk bisa menikmatinya.

Munculnya Hawaii Airlines sebagai maskapai besar atau maskapai komersial berjadwal pertama yang mengumumkan kerjasama hadirkan layanan inflight WiFi internet satelit Starlink SpaceX, sekaligus mematahkan prediksi banyak pihak yang menyebut Delta Airlines lah yang akan memulai layanan itu terlebih dahulu di penerbangan komersial berjadwal.

Baca juga: Keren, Tahun 2022 Pesawat Airbus Terhubung Internet Berbasis Satelit Berkecepatan 1,8 Gbps!

Sebelumnya, maskapai regional private regional asal Amerika Serikat, JetSuite X atau JSX (disebut juga sebagai BEJ) lebih dahulu mengmumkan kerjasamanya dengan SpaceX untuk menghadirkan layanan Inflight WiFi atau WiFi onboard, menjadikannya sebagai maskapai pertama yang menghadirkan layanan WiFi dalam penerbangan dari internet Starlink yang notabene berbasis satelit.

Dalam keterangannya yang dikutip New Atlas, maskapai yang menawarkan penerbangan point-to-point dari dan ke Arizona, California, Florida, Nevada, Texas, dan New York itu menyebut layanan inflight WiFi satelit Starlink SpaceX bisa dinikmati seluruh pelanggannya mulai akhir tahun ini, gratis.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru