Saturday, October 26, 2024
HomeHot NewsTerkait Musibah Boeing 737-800 China Eastern, NTSB Jamin Transparansi Dalam Investigasi Kecelakaan

Terkait Musibah Boeing 737-800 China Eastern, NTSB Jamin Transparansi Dalam Investigasi Kecelakaan

Meski hubungan antara Amerika Serikat dan Cina kerap ‘panas dingin,’ namun untuk urusan keselaatan penerbagan, dan terlebih pada respon kecelakaan pesawat, kedua negara punya kepentingan yang sama, terlebih pesawat yang dimaksud adalah buatan AS. Seperti Presiden Cina Xi Jinping telah meminta bantuan National Transportation Safety Board (NTSB) yang berbasis di AS untuk mengorganisisr investigasi penyebab jatuhnya pesawat Boeing 737-800 milik China Eastern Airlines.

Baca juga: Profil China Eastern Airlines, Punya Catatan Bagus dalam Rekor Keselamatan

Mantan ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Jim Hall mengatakan pihaknya tidak bertanggung jawab untuk berspekulasi apa yang menyebabkan kecelakaan itu begitu cepat.

Namun ia menggambarkan bagaimana NTSB melakukan penyelidikan terhadap kecelakaan pada pesawat komersial itu. Hall mengatakan, tidak ada deatail yang ‘terlalu kecil’ untuk tidak menjadi bagian dari penyelidikan NTSB. Ketika sebuah pesawat komersial jatuh di A.S., “go-team” dikerahkan segera setelah kecelakaan itu, yang mencakup pakar teknis pada berbagai komponen pesawat dan operasi penerbangan.

Tim yang terdiri dari tujuh hingga sebelas orang ini dipimpin oleh penyelidik yang bertanggung jawab. Mereka mengumpulkan informasi dari responden pertama, kontrol lalu lintas udara dan menemukan kotak hitam. Selain itu juga mengamankan, mensurvei dan memetakan lokasi kecelakaan. Secara bersamaan, para penyelidik di Washington, D.C., mengumpulkan informasi tentang data satelit, jalur penerbangan dan pengiriman pesawat.

Penyelidik yang bertanggung jawab juga akan mengumpulkan “pihak-pihak dalam penyelidikan”, seperti produsen pesawat dan berbagai kelompok yang mewakili pramugari atau mekanik, yang memiliki tim yang mencerminkan “tim kerja” NTSB. Laporan awal tentang kecelakaan mengarah ke laporan faktual, yang digambarkan Hall sebagai laporan “Jack Webb” yang merujuk pada aktor dari acara detektif klasik “Dragnet.”

Laporan ini memberikan deskripsi naratif tentang kecelakaan itu. Setelah sekitar satu tahun, meskipun terkadang bisa lebih lama, penyelidikan akhirnya mengarah pada kemungkinan penyebab kecelakaan dan rekomendasi tentang keselamatan.

“Rekomendasi itu tidak harus dikaitkan sepenuhnya dengan kemungkinan penyebab selama penyelidikan. Jika dewan [NTSB] menemukan informasi yang mereka anggap penting untuk keselamatan penerbangan, itu mungkin juga merupakan rekomendasi dari laporan tersebut,” kata Hall yang dikutip KabarPenumpang.com dari foxnews.com (21/3/2022).

Hall menjelaskan bahwa perbedaan terbesar antara investigasi NTSB dan investigasi di negara lain adalah pada transparansi.

“Itulah perbedaan utama antara investigasi NTSB dan investigasi di beberapa yurisdiksi lain. Kami percaya bahwa proses kami pada dasarnya setransparan mungkin,” kata Hall.

Dalam kecelakaan Cina, Administrasi Penerbangan Sipil Cina dan maskapai China Eastern, keduanya mengatakan mereka telah mengerahkan pejabat ke lokasi kecelakaan sesuai dengan tindakan darurat. Seorang juru bicara Boeing mengatakan kepada Fox News Digital Senin bahwa pihaknya juga “bekerja untuk mengumpulkan lebih banyak informasi.”

Baca juga: Boeing 737-800 China Eastern MU5735 Jatuh Vertikal dengan Kecepatan 563 Km per Jam

“Pikiran kami bersama penumpang dan awak China Eastern Airlines Penerbangan MU 5735. Boeing telah menghubungi Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS dan pakar teknis kami siap membantu penyelidikan yang dipimpin oleh Administrasi Penerbangan Sipil Cina,” tambah juru bicara Boeing.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru