Saturday, October 26, 2024
HomeHot NewsHendak Lakukan Langsir, Gerbong Pengangkut Pupuk Anjlok di Gombong

Hendak Lakukan Langsir, Gerbong Pengangkut Pupuk Anjlok di Gombong

Kejadian tidak diduga di kawasan Gombong, Jawa Tengah serangkaian gerbong angkutan pupuk, anjlok pada Kamis pagi 3 Maret 2022. Insiden anjlok ini saat rangkaian Gerbong Tutup (GT) hendak langsir mundur kemudian bagian belakang gerbong sempat miring ke kanan lalu keluar dari rel dan hampir tercebur ke area persawahan. Sedikitnya 2 gerbong yang anjlok bernomor seri GT 307919 (anjlok 1 as roda) dan GT307901 (anjlok 4 as roda). Terjadinya anjlok di Stasiun Gombong ini pada pukul setengah tiga pagi.

Baca juga: KA Produksi PT INKA Pesanan Bangladesh Anjlok, 5 Jam Perjalanan KA Terganggu

Kronologi kejadian ini bermula saat 15 rangkaian gerbong pengangkut pupuk di tarik oleh Lokomotif CC 206 13 26 Depo Induk Yogyakarta memasuki Stasiun Gombong kemudian masuk ke jalur pembongkaran pupuk. Saat rangkaian di langsir menuju jalur pembongkaran pupuk, 5 gerbong dilepas di jalur 5 Stasiun Gombong. Kurang lebih satu jam kemudian, rangkaian berikutnya yang hendak di langsir mundur masuk jalur 4 kearah Stasiun Ijo mendadak rangkaian tersebut anjlok hingga 1 gerbong miring keluar dari rel.

Kejadian yang terjadi pada dini hari kemarin membuat proses evakuasi langsung dilakukan pada pagi harinya. Kereta penolong di kirimkan dari Depo Kroya dan Kutoarjo menuju ke lokasi kejadian untuk evakuasi rangkaian yang anjlok. Menggunakan kereta penolong SN 0 78 03 dari Kroya membuat evakuasi berjalan lancar. Namun proses langsir di Stasiun Gombong berlangsung cukup lama. Karena harus memindahkan beberapa rangkaian gerbong yang tidak mengalami anjlok.

Baca juga: Ini Efek KRL Anjlok yang Terjadi di Petak Parungpanjang – Cilejit

Memasuki sore hari evakuasi pun selesai. Lokomotif penarik saat evakuasi menggunakan seri CC 201 83 24 Depo Induk Purwokerto. Setelah proses evakuasi berjalan lancar, akhirnya gerbong yang anjlok pun di bawa menuju Stasiun Maos untuk dilakukan pengecekan khususnya bagian as roda yang dikhawatirkan mengalami masalah. Dari kejadian ini tidak ada kereta api yang melewati Stasiun Gombong mengalami keterlambatan. Perjalanan KA reguler tetap normal seperti biasanya. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru