Saturday, October 26, 2024
HomeBandaraDampak Pandemi, Bandara Heathrow Alami Kerugian Terburuk dalam 50 Tahun

Dampak Pandemi, Bandara Heathrow Alami Kerugian Terburuk dalam 50 Tahun

Menjadi bandara tersibuk di Inggris, Bandara Heathrow merugi £3,8 miliar pada tahun 2021. Kerugian ini menjadi sejarah terburuk dalam 50 tahun dan dikarenakan pembatasan perjalanan Covid-19 di Inggris. Karena hal tersebut, para pebisnis di London Barat mulai bersiap pada musim panas ini untuk pulih dari masalah di tahun lalu.

Baca juga: Buka Perbatasan Internasional, Sektor Pariwisata Australia Rugi Rp172 Triliun Gegara Turis Cina

KabrPenumpang.com melansir thenationalnews.com (23/2/2022), Inggris tahun lalu melakukan perubahan sistem aturan perjalanan Inggris dan pembatasan Omicron. Ini kemudian membuat Heathrow menjadi satu-satunya bandara Eropa yang mengalami pengurangan lalu lintas. Bukan hanya lalu lintas pesawat penumpang tetapi juga kargo, di mana turun 12 persen dibandingkan sebelum pandemi.

Bahkan bandara ini juga melakukan penghematan biaya sebesar £870 juta selama dua tahun terakhir. Namun, nyatanya kerugian kumulatif selama pandemi justru meningkat menjadi £3,8 miliar karena penumpang yang lebih rendah dan biaya tetap yang tinggi. Para petinggi berharap lonjakan permintaan untuk perjalanan selama bulan-bulan musim panas akan meningkatkan langkah kaki di bandara tahun ini, meskipun mereka melaporkan angka yang lebih rendah dari perkiraan pada Januari dan Februari.

Saat ini, ada 23 persen penumpang yang diperkirakan tiba. Meski awal tahun ini lamban, tetapi bandara–bandara di Eropa yang sebelumnya tersibuk sebelum pandemi berharap dapat memenuhi 45,5 juta penumpang pada akhir tahun 2022. Bulan ini, aturan pengujian Covid pra-perjalanan dan pasca-kedatangan untuk pelancong yang divaksinasi di Inggris dibatalkan, seperti persyaratan isolasi sepuluh hari untuk orang yang tidak divaksinasi.

Sementara penghapusan aturan di Inggris telah mendorong perjalanan keluar, persyaratan pengujian di negara lain masih mempengaruhi pariwisata masuk dan perjalanan bisnis. Untuk diketahui, 63 persen pasar Heathrow mempertahankan beberapa bentuk pembatasan perjalanan atau persyaratan pengujian Covid.

Analis penerbangan John Grant mengatakan bahwa pemulihan Heathrow terhambat oleh penutupan pasar perjalanan penting Asia seperti Cina dan Jepang. Kepala eksekutif Heathrow John Holland-Kaye mengatakan bandara bekerja sama dengan maskapai penerbangan untuk meningkatkan layanan untuk memenuhi permintaan musim panas, dengan rencana untuk membuka kembali Terminal 4 pada Juli.

Baca juga: Kurangi Emisi Suara di Tengah Malam, Bandara Heathrow Patok Biaya Ekstra untuk Maskapai

Ia menyinggung perselisihan yang terus berlanjut antara bandara dan maskapai penerbangan atas rencana Heathrow untuk menaikkan biaya penumpang, yang dibayar oleh operator tetapi biasanya menetes ke pelanggan, sebesar 90 persen. Otoritas Penerbangan Sipil telah memberikan kenaikan 37 persen sebagai gantinya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru