Saturday, October 26, 2024
HomeDomestikTanggapan Lion Air Soal Video Viral Petugas Lempar Bagasi Penumpang

Tanggapan Lion Air Soal Video Viral Petugas Lempar Bagasi Penumpang

Video petugas Lion Air melempar bagasi penumpang dari dekat pintu belakang pesawat ke tangga viral. Dalam video tersebut, petugas tampak melempar bagasi penumpang ke tangga, dibiarkan menggelinding, dan kemudian dimasukkan ke dalam baggage cart dan ditarik baggage towing truck menuju conveyor belt atau baggage handling system di terminal.

Baca juga: Parade Kendaraan Besar di Apron Bandara, Inilah Jenis dan Fungsinya

Corporate Communication Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro, mengatakan, pihaknya masih melakukan investigasi terkait video tersebut. Tetapi, sekilas, ada kejanggalan dalam video itu.

Dalam video tersebut, petugas berbaju hitam nampak mendapat kiriman dari petugas lainnya di kabin penumpang. Sekilas, kabin penumpang di bagian dekat pintu juga dipenuhi kargo.

Menurut Danang, ini janggal. Sebab, bagasi penumpang seharusnya tidak berada di dalam kabin penumpang, melainkan di lambung pesawat.

“Sepengetahuan kami, bagasi penumpang tidak ditempatkan di dalam kabin pesawat. Pengaturan dan penempatan bagasi penumpang berada di bagian bawah pesawat,” katanya kepada KabarPenumpang.com.

Insiden oknum petugas ground support equipment (GSE) Lion Air melempar bagasi ke tangga tentu mendapat sorotan tajam dari warganet. Salah satu warganet pun menghubung-hubungkan kejadian yang menimpa sanak saudaranya. Disebutkan, roda koper milik saudara yang menumpangi Lion Air mengaku patah.

“Pernah dengar sodara cerita koper rodanya pada patah, ternyata ini jawabannya,” kata salah satu netizen.

Lainnya menanggapi bahwa orang tuanya, yang membeli oleh-oleh sepulang berlibur, mengalami kenyataan pahit. Oleh-oleh yang dibawanya hancur.

“Mamak ku waktu itu pernah bawa oleh-oleh pada hancur semua. Bating aja terus,” tulisnya di Twitter.

Dalam kondisi normal, seharusnya bagasi penumpang berada di lambung pesawat. Petugas GSE kemudian menurunkan satu per satu bagasi dari dalam kargo ke belt conveyor loader (BCL) atau lift loader atau biasa juga disebut cargo & loader transporter untuk kemudian dibawa ke conveyor belt.

Baca juga: Tips Penerbangan: Bahaya, Jangan Terlalu Banyak Muat Informasi di Label Koper Bagasi

Namun, di tengah pandemi virus Corona seperti sekarang ini, dimana penerbangan penumpang belum mencapai titik normal, tak sedikit maskapai yang memanfaatkan tingginya penerbangan kargo dengan membuat kargo ke dalam kabin penumpang.

Meski begitu, cara menurunkan kargonya pun tetap sama, diturunkan satu per satu bagasi dari dalam kargo ke belt conveyor loader (BCL) atau lift loader atau biasa juga disebut cargo & loader transporter untuk kemudian dibawa ke conveyor belt, bukan dilempar, dibuang, atau dibanting.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru