Saturday, October 26, 2024
HomeBandaraDibalik Rencana 'Gantikan' Bandara Halim, Jangan Lupa Bandara Pondok Cabe Juga Home...

Dibalik Rencana ‘Gantikan’ Bandara Halim, Jangan Lupa Bandara Pondok Cabe Juga Home Base Satuan Militer dan Polisi Udara

Meski sampai berita ini diturunkan Bandara Halim Perdanakusuma masih beroperasi secara normal, namun sebelumnya santer adanya rencana penutupan sementara Bandara Halim untuk pelayanan penerbangan komersial pada tahun 2022. Selain untuk perbaikan prasarana dan landasan, Bandara Halim dikabarkan tengah dipersiapkan untuk mendukung hajatan G20. Terkait dengan rencana penutupan Bandara Halim, maka beredar kabar bahwa Bandara Pondok Cabe di Pamulang, Tangerang Selatan akan digunakan untuk mendukung penerbangan komersial.

Baca juga: Bandara Pondok Cabe, Ternyata Pernah Jadi Basis Pertahanan Penting Sekutu di Era Perang Dunia II

Walau statusnya masih tentatif, Bupati Blora Arif Rohman pernah mengungkapkan bahwa maskapai Citilink memberikan opsi rute penerbangan, yaitu dari Bandara Ngloram menuju bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan “Waktu rapat pertama dengan pihak Citilink penerbangan Ngloram menuju Halim dialihkan ke Pondok Cabe. Tapi kabar terakhir ini berubah. Sifatnya masih tentatif,” kata Arif, seperti dikutip dari Detik.com (2/1/2022).

Bagi pengguna jasa yang berdomisili di sekitaran Jakarta mungkin tak terlalalu masalah bila harus mengakses Bandara Pondok Cabe, lantaran lokasinya relatif dekat ibu kota dan mudah diakses oleh berbagai moda transportasi. Namun, perlu menjadi catatan, bahwa Bandara Pondok Cabe yang kini dioperasikan Pelita Air Service (anak perusahaan PT Pertamina), juga menjadi home base bagi unit penerbangan militer dan kepolisian, dimana peran satuan-satuan tersebut, salah satunya adalah melindungi obyek vital ibu kota. Karena itu, aspek keamanan akan menjadi perhatian serius bila Bandara Pondok Cabe jadi difungsikan untuk mendukung penerbangan komersial berjadwal.

NC-212 200 Puspenerbad di Bandara Pondok Cabe. (Foto: Kompas.com)

Bandara Pondok Cabe saat ini menjadi markas alias home base bagi Kepolisian Udara Republik Indonesia. Tidak itu saja, di Bandara Pondok Cabe juga menjadi markas bagi Skadron 21/Sena (Serba Guna) Puspenerbad (Pusat Penerbangan Angkatan Darat) TNI AD. Skadron 21 berisikan kekuatan helikopter serang Bell-412 series, NBO-105 dan pesawat angkut ringan NC-212 200 Aviocar. Masih ada satuan militer yang mengambil home base di Pondok Cabe, yaitu Puspenerbal (Pusat Penerbangan Angkatan Laut) TNI AL. Meski tak menempatkan skadron khusus di Pondok Cabe, namun Puspenerbal rutin mengoperasikan pesawat dan helikopter dari bandara ini untuk dukungan operasi dan latihan.

Baca juga: Damri JA Connection Buka Rute Pondok Cabe – Bandara Soekarno-Hatta 

Dikelola oleh institusi sipil, tapi menjadi rumah bagi satuan udara militer dan kepolisian, menjadikan pengamanan instalasi militer perlu perhatian tersendiri. Dari sejarahnya, Bandara Pondok Cabe dibangun pasukan sekutu pada tahun 1942, yaitu untuk menahan invasi Jepang ke Pulau Jawa. Dari spesifikasi, Bandara Pondok Cabe punya panjang runway 2.500 meter dan lebar 45 meter. (Haryo Adjie)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru