Saturday, October 26, 2024
HomeDomestikBanjiri Produk UMKM Indonesia di Luar Negeri, Smartcity.Storage Gandeng PT Mata Pensil...

Banjiri Produk UMKM Indonesia di Luar Negeri, Smartcity.Storage Gandeng PT Mata Pensil Globalindo

Smartcity.Storage menggandeng PT Mata Pensil Globalindo dalam mendorong UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Indonesia Go Internasional, bersama VTP Logistic dan Indonesia In Your Hand. Ke depan, kolaborasi ini diharapkan bisa membawa lebih banyak produk-produk UMKM di mancanegara.

Baca juga: Dinas Perhubungan dan DPRD Bengkalis Jajaki Teknologi Automatic Vehicle Classification dari PT Mata Pensil Globalindo

“Kami ingin membanjiri luar negeri dengan produk-produk buatan dalam negeri (Indonesia) di masa mendatang,” kata Amiranto Adi Wibowo, saat ditemui di kantor fulfillment center Smartcity.Storage di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis, (16/12).

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini, UMKM di Indonesia pada khususnya dan seluruh pelaku bisnis pada umumnya, mengalami kesulitan dalam memasarkan produk-produknya ke luar negeri, terutama berkenaan dengan gudang atau fulfillment. Karenanya, Smartcity.Storage hadir untuk menjembatani itu.

“Smartcity.Storage adalah sebuah sistem fulfillment center di dalam dan luar negeri khusus produk-produk UMKM Indonesia yang hendak menyimpan stok barang di luar negeri, dimana kami terintegrasi dengan marketplace kenamaan dunia seperti Amazon.com dan Bol.com,” tambahnya.

“Solusi kami berupa pengiriman, penyimpanan produk, promosi, dan penjualan. Keempat itu adalah isu utama bagi pelaku industri dan UMKM. Nah, Smartcity.Storage menjembatani mereka agar mempermudah dalam hal logistik salah satunya pengiriman melalui udara dan laut menggunakan VTP Logistic,” jelasnya.

“Setelah barang sampai di gudang di luar negeri, kami bersama Indonesia In Your Hand akan menjual barang tersebut sesuai dengan kebutuhan di negara tersebut,” tambahnya.

Bagi pelaku UMKM yang ingin mengirimkan ekspor ke luar negeri, mula-mula mereka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Kemudian produknya dititipkan ke gudang di Jakarta. Data-data dari produk tersebut kemudian dikirim ke luar negeri dan dikurasi oleh Indonesia In Your Hand untuk dicarikan market yang sesuai dengan produk tersebut.

Setelah barang yang hendak diekspor menemui buyer potensial di sebuah negara dan sesuai spek yang dibutuhkan, maka barang tersebut bisa dikirim melalui rekanan Smartcity.Storage. Bagi UMKM yang belum mampu membayar biaya pengiriman, disediakan berbagai solusi untuk itu.

Begitu sampai di gudang di luar negeri, barang dijual di marketplace rekanan seperti Amazon.com dan Bol.com dan ludes terjual.

“Sejauh ini kami sudah pernah mengirim produk-produk dari UMKM Binaan rekanan, seperti peci, tas, tikar rotan, talenan kayu, ke Australia, Belanda, dan Kanada,” tutupnya.

Smartcity.storage disebutnya memiliki warehouse di beberapa negara di antaranya di kota Sydney-Australia, Auckland-New Zealand, Bedeque-Kanada, Madrid-Spanyol, Zutphen-Belanda, Helsinki-Finlandia serta Jakarta dan Makassar-Indonesia yang terintegrasi dengan marketplace setempat sehingga memudahkan proses penjualan yang akan mempertemukan produk-produk UMKM dengan para buyer.

Mengingat besar dan luasnya jangkauan barang yang akan dituju, Smartcity.Storage menggandeng PT Mata Pensil Globalindo dalam management fulfillment center atau multi warehouse baik domestik dan luar negeri secara real time, agar lebih sistematis, aman, dan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan dengan pendekatan teknologi.

Baca juga: PT Mata Pensil Globalindo Raih Hak Cipta Teknologi “Automatic Vehicle Classification”

Pendekatan teknologi yang dimaksud mencakup mentracking barang, manajemen gudang, cloud system peruntukan user dan klien, dan sebagainya.

Ke depan, Smartcity.Storage bertekad ingin membanjiri produk-produk UMKM Indonesia di luar negeri dengan berbagai strategi, seperti pendampingan produk, pengurusan izin ekspor, sertifikat produk, pembiayaan, dan sebagainya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru