Saturday, October 26, 2024
HomeDestinasiKota Kuno Cina Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO

Kota Kuno Cina Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO

Setiap tahun sejak 1978, UNESCO telah memilih Situs Warisan Dunia karena “nilai universalnya yang luar biasa” dan untuk membantu melestarikan tempat-tempat yang terancam oleh pengabaian, perubahan iklim, dan pembangunan yang berlebihan. Selama bertahun-tahun, lebih dari seribu situs, baik alam maupun budaya, telah ditambahkan ke daftar, mulai dari Kepulauan Galapagos dan Taman Nasional Yellowstone hingga entri tahun ini.

Baca juga: Ini Dia Pemandangan Lima Situs Warisan Dunia UNESCO yang Bisa Dinikmati dari Dalam Kereta

Situs alam tahun ini termasuk Dataran Pasang Surut Korea, hutan pegunungan Kaeng Krachan di Thailand dan Hutan Hujan Colchic serta Lahan Basah yang terletak di sepanjang Laut Hitam di Georgia barat. Situs budaya termasuk kota Cina yang pernah dikenal sebagai “emporium dunia.”

Perhentian penting di Jalur Sutra, permadani jembatan dan pagoda kuno Quanzhou juga mencakup salah satu masjid tertua di Cina dan secercah lain dari cara kerja kota abad ke-10 yang semarak. Pemilihan tersebut menempatkan Cina di dekat bagian atas daftar negara dengan situs Warisan Dunia terbanyak tepat setelah Italia, yang diberikan situs Warisan Dunia lain tahun ini untuk serambi Bologna dan serangkaian lukisan dinding abad ke-14 di Padua.

Spanyol telah berusaha agar Paseo del Prado dan Taman Retiro Madrid diakui secara resmi selama hampir tiga dekade, ini adalah situs Warisan Dunia pertama ibu kota. Dihiasi dengan museum dan air mancur utama, jalan dan taman telah digunakan untuk rekreasi setidaknya sejak abad ke-15.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari npr.org (28/7/2021), situs baru lainnya termasuk karya perintis arsitek Jože Plečnik di Slovenia, yang membantu memberikan ibu kota Ljubljana identitas perkotaan yang khas, dan petroglif kuno di Republik Karelia Rusia.

“Koloni Kebajikan” di tempat yang sekarang disebut Belgia dan Belanda adalah eksperimen pertanian melawan kemiskinan selama Revolusi Industri di mana orang miskin kadang-kadang dipaksa untuk bertani di luar keinginan mereka. Dan Garis Air Belanda adalah rangkaian pertahanan abad ke-17 terhadap banjir yang kini telah ditingkatkan statusnya menjadi Warisan Dunia.

Di India, Kuil Ramappa yang didekorasi dengan indah di Telangana telah masuk dalam daftar kuil ini berasal dari abad ke-13 dan diperkirakan membutuhkan waktu 40 tahun untuk menyelesaikannya. Dan di Iran, PBB mengakui Kereta Api Trans-Iran, yang mulai dibangun pada tahun 1929, menghubungkan Teluk Persia dan Laut Kaspia.

Area Budaya imā kuno di Arab Saudi mencakup seni cadas, gambar bunga, dan hewan yang digambar oleh orang-orang 7000 tahun yang lalu hingga baru-baru ini. Terletak di pegunungan di rute karavan tua di mana sumur masih menghasilkan air tawar, ada prasasti dalam berbagai bahasa, termasuk Musnad, Aram-Nabatean, Arab Selatan, Thamudic, Yunani dan Arab.

Baca juga: Mau Tengok Artefak di Turki? Yuk Mampir ke Museum di Bandara Istanbul

Sealin itu situs arkeologi penting di Turki mungkin bahkan lebih tua. Daerah di sekitar Gundukan Arslantepe telah diselesaikan sekitar 8000 tahun yang lalu dan tetap menjadi sumber daya yang tak ternilai bagi para sarjana Mesopotamia. Situs itu ditambahkan ke daftar bahkan ketika komite Warisan Dunia telah memberikan tekanan publik pada Turki atas situs Warisan Dunia lainnya, Hagia Sophia di Istanbul, yang diumumkan pemerintah tahun lalu akan diubah menjadi masjid.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru