Mau Jadi Awak Kabin? Standar Tinggi Badan Masih Jadi Syarat Utama!

Awak kabin American Airlines (freakchic.com)

Karena bertugas di area yang terbilang khusus, rekrutmen awak kabin jelas punya kriteria tersendiri yang cenderung lebih ketat dan selektif dibanding awak kabin di moda darat dan laut. Spesifikasi khusus bagi awak kabin pria dan wanita telah ditetapkan dengan standar khusus, teutama untuk urusan tinggi badan, mereka juga diwajibkan menjalankan tes fisik yang ketat, dimana para calon kru kabin ini harus melalui uji tentang Prosedur Darurat Keselamatan dan kursus pelatihan yang intensif.

Baca juga: Ini Dia! Standar Sepatu Untuk Pramugari

Kandidat ini, harus menyesuaikan dengan spesifikasi fisik tertentu agar bisa menjadi kru kabin. KabarPenumpang.com merangkum dari laman cosmopolitan.com, sebenarnya bukan hanya tato ataupun tindikan di tubuh yang dicari maskapai penerbangan, melainkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol oleh kru kabin yakni tinggi badan mereka.

Sebab salah satu syarat untuk menjadi seorang kru kabin adalah memenuhi ketinggian minimum, memiliki jangkauan lengan tertentu dan tidak memiliki ketinggian yang melebihi maksimum. Berikut ini ada beberapa spesifikasi tinggi awak kabin baik perempuan maupun laki-laki dari beberapa maskapai.

British Airways memiliki spesifikasi tinggi 157-181 cm dengan jangkauan sekitar tinggi awak kabin itu sendiri. EasyJet 160-190 cm, Ryanair 157-187 cm. Untuk Thomas Cook minimal tinggi awak kabin 157 cm sama dengan Monarch dan Thomson.

Emirates memiliki spesifikasi tinggi 157 cm dengan jangkauan sedikit lebih tinggi dari awak kabin itu sendiri. Qatar dan Virgin memiliki jangkauan 157-180 cm tergantung tinggi awak kabin tersebut. Singapore Airline memiliki tinggi minimum untuk seorang perempuan 157 cm dan laki-laki 165 cm.

Dengan ketinggian minimal hingga maksimal ini, sebenarnya selain untuk membantu dalam memasukkan barang di kompartemen, juga untuk membantu penumpang untuk keselamatan di kabin jika terjadi sesuatu. Sebab terlalu tinggi atau terlalu rendah justru tidak bisa membantu penumpang di dalam kabin.

Batasan minimum dan jangkauan lengan minimum sebenarnya agar awak kabin dapat dengan mudah memasukkan barang di kompartemen atas kabin. Tak jauh berbeda, Indonesia tepatnya maskapai plat merah yakni Garuda Indonesia juga memiliki spesifikasi khusus.

Baca juga: Ini Dia! Tips Cantik ala Pramugari

Untuk usia  dibutuhkan 18-27 tahun, dengan tinggi badan minimal 160 cm dan maksimal 172 cm baik laki-laki maupun perempuan. Selain itu, awak kabin Garuda Indonesia juga tidak diperkenankan menggunakan kacamata tetapi untuk lensa kontak diperbolehkan dengan minus maksimal -3,00 dan silindris C-100. Lebih jelasnya, setiap awak kabin mampu berbahasa Inggris baik lisan maupun tertulis.