Lima Bandara Ini Punya Jalur Kereta Terbaik

Matcha

Menuju konsep bandara internasional dengan standar konektivitas modern dan terpadu, maka penyediaan transportasi berupa kereta bandara (airport train) sudah menjadi suatu keharusan, apalagi bila akses bandara terhubung dengan kota metropolitan yang padat penduduk, serta identik dengan kemacetan lalu lintas.

Bila di Indonesia sedang dalam tahap implementasi, seperti KA Bandara Kuala Namu di Medan, dan beberapa daerah yang tengah dalam proses penyelesaian, maka di luar negeri, terutama di negara-negara maju adopsi airport train sudah demikian maju. Dengan adanya stasiun kereta yang menangani perjalanan dari bandara menuju kota akan memudahkan penumpang pesawat, tanpa harus khawatir pada kemacetan lalu lintas yang menghadang di jalur tol menuju bandara. Dan dilansir dari wired.com, ada lima bandara terbaik di dunia yang memiliki perjalanan airport train yang mengubungkan sisi bandara ke pusat kota.

1. Hong Kong, perjalanan nyaman dan tidak menyusahkan dari pintu ke pintu
Hong Kong Airport Express menjadi penghubung bandara yang kedua setelah pesawat menuju kereta. Keberangkatan kereta dari gedung terminal biasanya 12 menit sekali dan berhenti di Kowloon dan stasiun Hongkong serta stasiun Tsing Yi jika Anda menuju Tung Chung. Nantinya di kedua stasiun tersebut, ada shuttle bus dari Airport Express yang membawa wisatawan menuju hotel tanpa membayar atau gratis. Dengan menggunakan ini, wisatawan tidak perlu lagi terhubung dengan kereta lainnya, taksi atau berjalan.

Airport Express dalam beberapa kesempatan juga memberikan penghargaan kepada wisatawan yang bepergian dengan reward 200 Asia Miles. Tak hanya memudahakan dalam perjalanan dari bandara ke kota, di stasiun Hongkong dan Kowloon, juga tersedia mesin-mesin untuk chek ini tiket maskapai-maskapai besar (boarding pass saja). Tarif perjalanan kereta ke Central di Pulau Hongkong satu tiket seharga 100 dolar Hong Kong atau setara dengan $12,9 menuju stasiun Hong Kong dan 90 dolar Hong Kong atau setara dengan $11,5 untuk stasiun Kowloon. Tarif ini hampir setengah harga Octopus Card.

Ma Petite Arie
Ma Petite Arie

2. Paris Charles d Gaulle, Koneksi mudah ke beberapa tujuan
Terminal 2 Charles de Gaulle memiliki puluhan kereta yang berangkat menuju berbagai daerah di Perancis. Ada beberapa maskapai yang men-share kode penerbangan mereka ke TVG yang menyediakan layanaan cepat dan langsung ke pusat kota, beberapa kota di Perancis dan Belgia. TVG ini tidak tidak melayanai perjalanan ke paris sendirian yakni dengan bantuan maskapai sehingga bisa melayani wisatawan dengan baik. RER, kereta pinggir kota yang membantu TVG juga menyediakan layanan lokal dan kereta ekspres ke Paris.

Tarif yang dibebankan wisatawan untuk kereta ini baik TVG atau RER sama yakni €8,20 atau sama dengan $12. Nantinya setealh sampai di kota Paris, untuk menyambung dengan RER atau Metro jalur lain bisa menggunakan tiket yang sama dengan TVG. Jangan heran saat di kereta akan menemukan pemain akordeon di dalamnya untuk menghibur penumpang.

3. London Heathrow, mahal dan cepat sampai tujuan
BAA Heathrow Express memberikan perjalanan yang cukup cepat sekitar 15 menit dari bandara Heathrow ke Paddington. Sayangnya harga tiket untuk perjalanan menggunakan BAA Heathrow Express ini bukanlah murah yakni £14,50 atau $30 untuk tujuan ke Piccadilly dimana banyak terdapat resort. Sedangkan kereta dari Piccadilly menuju Gloucester hanya membutuhkan waktu 37 menit dan 55 menit sampai ke King Cross dengan tiket £4 untuk pembayaran tunai dan £2 atau $4 dengan kartu Oyster. Perjalanan ini memang mahal, namun sebanding dengan waktu tempuh yang bisa dikatakan cepat untuk sampai ke tujuan wisatawan.

4. Tokyo Narita, Rute nyaman kebeberap kota dan lebih murah dibanding taksi
Bandara yang ada di Jepang ini, menyediakan dua rute layanan ekspres ke kota. Narita Express juga dikenal dengan N’EX dan berangkat setiap 30 menit sekali dari stasiun Tokyo menuju kota-kota lain seperti Yokohama dan Kamakura. Menggunakan N’EX ini, Anda dijamin pasti mendapat tempat duduk dari terminal ke Tokyo. Tarif perjalanan menggunakan NÉX ini ¥2,940 atau setara dengan $26,4, mungkin tarif tiket N’EX ini terlalu mahal, namun bila dibandingkan dengan tarif taksi bisa mencapai ¥15.000 atau setara dengan $134 atau lebih. The Keisei Skyliner yang menuju Ueno, Nipori dan Aoto di Tokyo untuk wisatawan ini dikenakan tarif ¥2,000 atau setara dengan $18 serta harus memesan tempat duduk. Kedua kereta ini berhenti pada Terminal 1 dan 2 di Bandara Narita. Tak hanya itu, jika komuter berhenti di Narita, Anda harus bersiap untuk berpindah pada jam sibuk.

5. Chicago O’Hare, perjalanan yang sering, murah dan langsung
Bandara yang dikenal dengan penunandaan lalu lintas udaranya karena badai yang melewati jalur menuju Chicago. Bila Anda ingin berkunjung ke Chicago, baiknya menuju Chicago Transit Authority yang menyediakan jalulr kereta dengan perjalanan yang sering dan langsung dari O’Hare ke Loop di pusat kota. Untuk menuju Chicago Transit Authority ini, dari kedua terminal domestik harus melalui jalan bawah tanah. Nantinya kereta Blue Line akan berangkat setiap 5 menit sekali pada jam sibuk dan 8 menit sekali pada siang hari serta 10-30 menit setiap perjalanan kereta malam. Sesampainya di pusat kota, stasiun Washington, Monroe dan Jackson bisa ditempuh dengan jalan kaki. Perjalanan dari O’Hare menuju ke pusat kota di Loop hanya memakan waktu 45 menit. Untuk tarif tiketnya terbilang cukup murah yakni $2 atu $1,75 bila menggunakan Chicago Card.