10 Halte Bus Ini Jelas Tidak Biasa

www.designcurial.com

Dalam pikiran Anda pastinya halte bus hanya berupa bangunan kecil dengan atap yang mampu menahan dari panas dan hujan serta ditambah tempat duduk yang cukup hanya untuk beberapa orang. Namun dengan dunia teknologi yang semakin canggih, membuat para arsitek memikirkan rancangan unik untuk halte bus. Ada kemungkinan para arsitek pembuat halte ini ingin para pengguna bus lebih terasa nyaman, elegan dan glamor. Dilansir dari designcurial.com ada 10 rancangan unik dan terbaik dari halte-halte bus.

1. Halte bus di Rumah Sakit Spaarne (Sesign aarne Ziekenhuis)
Dirancang oleh Nio Architecten, hal bus ini berada di Belanda dan terletak di depan RS Spaarne Hoofddorp yang juga berfungsi sebagai putaran. Dengan ciri khas kental warna negara Belanda yakni jingga/orange, memiliki bentuk menyerupai rahang ikan paus. Halte yang dibangun tahun 2003 lalu ini, terbuat dari bahan sintetis yang tahan terhadap pisau dan rokok. Sehingga tidak mudah rusak saat di robek untuk membuat suatu grafiti. Dengan bentuknya yang unik, membuatnya tidak terlupakan.

www.designcurial.com
www.designcurial.com

2. Stasiun bus Poole
Halte bus yang berada di Inggris ini dirancang oleh Penson, atapnya dibuat seperti papan gambar besar yang berisi gambar-gambar mural dengan bentuk dan tekstur yang berbeda. Pencahayaan yang indah membuat halte ini terlihat seperti stasiun bawah tanah. Lampu yang menjadi penerang halte ini menerangi dari titik keberangkatan bus.

www.designcurial.com
www.designcurial.com

3. Arriva Markas Guimarães
Dibuat oleh Ricardo Vieira de Melo dari RVDM Arquitectos, menggabungkan masalah logistik pada perusahaan angkutan umum Arriva. Dia membuat sebuah halte yang mampu menampung 96 bus dengan dua bangunan yang strategis membuat halte terlihat menyatu dan luas.

4. Halte bus Slough
Halte bus yang satu ini adalah buatan arsitektur Bblur dengan bentuk gelombang cahaya. Bblur membuat halte ini sebagai penghormatan kepada astronom lokal William Herschel yang menemukan gelombang inframerah tahun 1800 silam. Halte ini terbuat dari 130 meter kanopi aluminium yang melengkung sehingga para pejalan kaki atau pengguna bus terlindung cahaya. Saat kondisi cahaya berubah, kanopi ini akan memberikan perubahan yang berbeda.

www.designcurial.com
www.designcurial.com

5. Halte bus di Aarau
Atap atau kanopi halte yang berada salah satu kota di Swiss ini berbentuk seperti awan dengan motif gelembung di dalam kanopi. Dengan warna kebiruan dan transparan, halte ini dibuat oleh arsitek Mateja Vehovar dan Stefan Jauslin.

6. Halte bus Preston
Bus double dekker banyak terparkir di halte rancangan BDP ini. Menjadi salah satu halte terbesar di Eropa Barat, Halte Preston mampu menampung 1100 mobil dan 80 bus tingkat. Pada 10 tahun lalu, halte ini sempat diancam akan di bongkar, namun tidak jadi karena dianggap sebagai bangunan yang memiliki ciri khas.

7. Halte bus Osijek
Terletak di negara Kroasia, halte ini memiliki bangunan yang dilapis kaca dan panjangnya hampir sama dengan panjang sungai Drava sebagai batas kota. Atap halte ini berbentuk agak bergelombang dengan tiang-tiang beton sebagai penyangganya. Halte ini dibuat oleh arsitek Predrag dan Bruno Rechner dari Rechner.

8. Vauxhall Bus Station
Halte bus yang satu ini sangat menarik perhatian. Sejak selesai di bangun tahun 2005 lalu, halte ini menjadi bagian dari regenerasi daerah yang sebelumnya diangap kumuh di London Selatan. Dengan ultra modelnya dan seperti landasan ski yang terbuat dari bahan aluminium membuatnya semakin menarik. Arup Associates yang merancang halte ini, menginginkan halte ini selalu terlihat bersih dan menarik saat dipandang.

www.designcurial.com
www.designcurial.com

9. Halte bus Thiais
Tahu permainan rubik? Kubus yang memiliki warna beragam sebagai permainan asah otak. Mungkin halte yang berada di Perancis ini terinspirasi dari permainan itu. Karena bentuknya yang seperti kubus di tambah warna kaca yang menyerupai warna rubik. Bangunan halte unik ini dirancang oleh Emmanuel Combarel dan Dominique Marre.

www.designcurial.com
www.designcurial.com

“Tujuan kami adalah fokus pada alam mineral dan desain bangunan yang bergabung dan tumbuh dari jalan,” ujar Dominique salah satu arsiter.

10. Busbahnhof Poppenbüttel
Dengan desain yang ringan dan elemen desain yang mencolok, halte bus ini dibangun seperti sebuah pulau dan memiliki 8 tempat perhentian bus di sekitarnya. Halte ini pernah mendapatkan penghargaan Building of the Year 2009 dari Hamburg Architecture and Engineering Association (AIV e.v Hamburg). Halte unik ini dibangun oleh arsitek Blunck-Morgen.