Melawan Lupa, Ini Dia 4 Pesawat Terkecil di Seantero Jagad

BD-5J (www.flights.com)

Bila ada yang dinobatkan sebagai pesawat terbesar, maka pastinya ada pula pesawat berawak yang masuk kategori kecil, bahkan layak disebut sebagai terkecil. Memang tak dikhususkan untuk membawa penumpang dalam jumlah yang ideal, namun tetap saja hadirnya pesawat terkecil dalam ukuran mini ikut membawa arti penting dalam teknologi dunia dirgantara.

Baca juga: Drone Penumpang Produksi Cina Siap Unjuk Gigi di Akhir 2017

Seperti saat era drone taksi mulai dikumandangkan, cita rasa desain pesawat terkecil kembali muncul dalam benak pikiran kita. Ibarat melawan lupa, KabarPenumpang.com melansir dari flights.com, pada masa lalu ada beberapa pesawat terbang berawak dengan ukuran super mungil. Penasaran dengan pesawat-pesawat terkecil? Berikut ini beberapa pesawat terkecil yang ada di dunia sampai sekarang baik yang mash beroperasi ataupun sudah di museumkan alias hanya dipajang.

1. Stits SA-2A Sky Baby
Tahun 1952, Sky Baby, nama pesawat terkecil ini dibuat oleh Ray Stits dan pertama kali dikirim untuk diterbangkan ke udara oleh Robert H Starr sebagai pilotnya. Sky Baby sempat menambatkan namanya pada Guinness World Record sebagai pesawat terkecil di dunia dan bertahan hingga tahun 1984 sampai Starr akhirnya membuat Bumble Bee II dan usurped Stits. Sayangnya, Sky Baby sudah tidak lagi diterbangkan dan sekarang berada di Udvar Hazy Center di Chantilly, VA untuk dipamerkan.

Sky Baby (www.flights.com)

2. Cri-Cri
Dengan memiliki satu tempat duduk, pesawat kecil ini menjadi pesawat listrik terkecil dunia. Bisa dikatakan pesawat ini adalah yang paling ramah lingkungan. Juli 2015 lalu seorang pilot Perancis menjadi orang pertama yang melintasi selat Inggris dengan menggunakan pesawat listrik. Pesawat ini, hanya muat untuk seorang pilot tanpa penumpang karena memang di desain kecil.

Cri-Cri (www.flights.com)

3. BD-5J
Para penggemar James Bond 007 pasti sudah pernah melihat model dari pesawat BD-5J di film “Octopussy.” Ini ada adegan dimana James Bond menerbangkan BD-5. Pesawat ini pun masuk dalam kategori pesawat terkecil di dunia dan sering disebut microjet. Tempat duduk hanya untuk satu orang dan rentang sayap yang tak lebih dari 21 kaki.

Baca juga: Ini Dia! Alasan Kenapa Pesawat Harus Terbang Tinggi!

4. Cessna Citation Mustang
Mencari pesawat penumpang kecil dengan versi mewah? Ini bisa dicoba pada Cessna Citation Mustang. Dengan dua kursi kokpit dan empat kursi penumpang, pesawat jet ini hanya memerlukan pilot tunggal. Dalam pesawat ini juga tersedia toilet. Bila Anda memiliki US$2 juta, sudah bisa menikmati jet mewah ini.

Cessna Citation Mustang (www.flights.com)