Lion Air Group Beli 50 Unit Boeing 737 Max 10 Senilai Rp858 Triliun

Sumber: istimewa

Lion Air Group kembali membuat ‘hentakan’ dalam bisnis penerbangan, pasalnya grup maskapai terbesar di Indonesia ini diwartakan telah melalukan penandatanganan pembelian 50 unit pesawat terbaru Boeing 737 Max 10 Jet senilai US$6,24 miliar atau sekitar Rp858 triliun.

Baca juga: Terima Boeing 737 MAX 9, Thai Lion Air Bakal Layani Rute Jarak Jauh

Pesawat Boeing 737 Max 10 ini akan berfokus pada penerbangan jarak jauh. Pendiri Lion Air Group, Rusdi Kirana mengatakan, pembelian ini juga sejalan dengan peningkatan lalu lintas penumpang yang mencapai 300 juta per tahunnya. Dia mengatakan, pihaknya melihat masa depan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia. Kini, Lion Air Group juga sudah mengoperasikan pesawatnya di Malaysia dan Thailand.

“Di Malaysia dan Thailand, kami telah mengoperasikan pesawat besar. Di masa depan kami akan melihat potensi negara lain juga,” ujar Rusdi yang dikutip KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber (11/4/2018).

Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait mengatakan, jet Boeing 737 Max 10 ini akan menghasilkan lebih banyak keuntungan dan memangkas biaya operasional karena efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Dia mengatakan, Boeing 737 Max 10 adalah kombinasi sempurna pesawat lorong tunggal dan akan menjadi pesawat yang ideal untuk strategi pertumbuhan Lion Air Group.

“Boeing 737 Max 10 ini mampu terbang selama tujuh jam dengan maksimal delapan jam. Nantinya pesawat ini akan bergabung dengan Max 8 dan Max 9 sebelumnya yang sudah dioperasikan oleh Lion Air Group,” ujar Edward.

Edward optimis bahwa jet Max 10 akan mejadi solusi bagi perusahaan untuk memperluas bisnis dan layanannya terutama di Asia Tenggara. Pembelian bari ini juga merupakan tindak lanjut dari komitmen antara Boeing dan Lion Group di Paris Show 2017.

Senior Vice President Asia Pasifik & India Penjualan Boeing Commercial Airplanes, Dinesh Keskar, menyatakan bahwa Lion Air Group telah menjadi pelanggan peluncuran 737 Max 8 dan Max 9.

“Dengan 737 Max 10, Lion Air Group akan memiliki daftar pilihan armada yang efisien dan dapat diandalkan untuk mengoptimalkan jaringannya guna melayani penumpang dan meningkatkan laba juga,” tambahnya.

Duta Besar AS Joseph R Donovan mencatat bahwa pembelian 737 Max 10 akan membantu dalam meningkatkan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat. Donovan mengatakan, penjualan akan memungkinkan Lion Air untuk mendukung pengembangan pariwisata yang berkelanjutan di Indoneia dan membangun perekonomian di wilayah kepulauan Indonesia.

Baca juga: Singapore AirShow 2018: Resmi Tampilkan Konfigurasi, Boeing 737 Max 10 Siap Mengangkasa di 2020

Boeing 737 Max 10 menawarkan konfigurasi 130 hingga 230 kursi, dengan kisaran 3.850 mil lautatau sekitar 7.130 km. Max 10 menggabungkan teknologi terbaru CFM International LEAP-1B engine, winglets Teknologi Terdepan, Boeing Sky Interior, dek layar penerbangan besar, dan peningkatan lain untuk menghadirkan efisiensi, keandalan, dan kenyamanan penumpang tertinggi di pasar lorong tunggal.