Terima Boeing 737 MAX 9, Thai Lion Air Bakal Layani Rute Jarak Jauh

Airbus A330-300 milik Lion Air (Airbus)

Selain dikenal sebagai pemain terbesar di Indonesia, Lion Air Group juga telah merambah layanan penerbangan berbiaya murah di Thailand lewat maskapai Thai Lion Air. Dan memperkuat armadanya, Thai Lion Air kini menambah koleksi pesawat terbaru dengan kedatangan Boeing 737 MAX 9.

Baca juga: Ekspansi di 2018, Lion Air Group Ajukan Pembukaan 68 Rute Baru Domestik dan Internasional

Boeing 737 MAX 9 pertama di dunia ini terdaftar dengan kode HS-LSH dan akan memasuki layanan komersial setelah diterbangkan langsung dari perusahaan Boeing di Seattle, Amerika Serikat ke Bandara Internasional Don Mueang Bangkok, Thailand.

KabarPenumpang.com merakum dari berbagai laman sumber, Boeing 737 MAX 9 ini juga memiliki satu lorong kabing dan mampu mengangkut 215 penumpang. Jarak tempat duduk yang luas memberikan kenyamanan kepada penumpang serta dilengkapi dengan Boeing Sky Interior dengan penyimpanan bagasi yang besar.

CEO Thai Lion Air dan Chairman Capt Darsito Hendro Saputro mengatakan, anak perusahaan Lion Air Group tersebut bangga mengoperasikan Boeing 737 MAX 9 pertama di dunia. Diperkirakan, Thai Lion Air akan menggunakan pesawat Boeing terbaru itu untuk ekspansi dengan membuka lebih banyak rute jarak jauh.

“Pesawat ini sangat cocok untuk mendukung bisnis kami yang sedang berkembang di Thailand. MAX 9 akan menjadi salah satu kekuatan armada Thai Lion Air untuk meningkatkan kapasitas transportasi saat membuka beberapa rute baru,” ujar Darsito melalui pernyataannya yang di kutip KabarPenumpang.com, Rabu (28/3/2018).

Presiden dan CEO Boeing Commercial Airplanes Kevin McAllister mengatakan, Lion Air adalah salah satu dari banyak grup maskapai penerbangan yang menggunakan pesawat lorong kabin tunggal (narrow body). Dia menambahkan, dengan menggunakan Boeing 737 MAX, Lion Air Group bisa lebih meningkatkan efisiensi industri penerbangan.

“Boeing 737 MAX 9, bisa mengurangi biaya operasional karena armada ini lebih efisien. 737 MAX adalah seri pesawat yang memiliki penjualan tercepat dalam sejarah Boeing,” klaim McAllister. Boeing 737 MAX 9 memiliki dua indentasi pada setiap winglet dan digabungkan dengan mesin CFM International LEAP-1B untuk mengurangi kebisingan. Konsumsi bahan bakar dan tingkat emisi pesawat diklaim 14 persen lebih rendah dari tipe 737 saat ini.

Lion Air Group adalah pembeli pertama Boeing MAX 9. Berbasis di beberapa negara Asia Tenggara, grup maskapai juga merupakan operator maskapai pertama yang menambahkan Boeing 737 MAX 8 ke dalam layanan operasinya.

Baca juga: Lion Air Hengkang dari INACA, Alasan Yang Belum Terungkap

Diketahui, Lion Air Group berkomitmen untuk mendatangkan 50 unit Boeing 737 series MAX 10. Grup ini juga memiliki tambahan pesanan 1.273 seri pesawat MAX yang menjadikannya sebagai salah satu operator terbesar di dunia. Thai Lion Air adalah salah satu maskapai penerbangan berbiaya rendah (LCC) di Lion Group yang didirikan pada tahun 2013, memiliki 12 jaringan domestik, dua penerbangan lintas negara (regional), dan lebih dari 20 tujuan internasional.