Jendela Bagian Dalam Pesawat Lepas, Tiga Penumpang Cidera dan Lainnya Panik

Jendela dalam pesawat Air India terlepas (Youtube)

Sebagai moda transportasi yang disebut paling aman, pesawat menjadi salah satu pilihan nyaman untuk bepergian baik kesebuah pulau, negara bahkan benua. Namun, bagaimana jika pintu dan jendela pada moda paling aman ini terbuka atau terlepas?

Baca juga: Mesin Meledak di Ketinggian 11.000 Meter, Southwest Airlines Mendarat Darurat di Philadelphia

Pada April 2018 kemarin, sebuah panel jendela pesawat lepas dari tempatnya selama penerbangan. Jendela ini milik maskapai India yakni Air India yang kala itu tengah terbang dari Amritsar ke Delhi pada 19 April 2018 lalu.

KabarPenumpang.com merangkum dari laman abc.net.au (23/4/2018), bahwa sebelum lepasnya jendela tersebut pesawat Boeing 787 Dreamliner ini mengalami turbulensi lebih dari sepuluh menit. Turbulensi ini terjadi beberapa menit setelah pesawat take off dengan ketinggian mencapai 15 ribu kaki.

Kemudian akibat dari turbulensi tersebut, panel jendela bagian dalam terlepas dan melukai tiga orang penumpangnya. Sedangkan sebanyak 240 orang penumpang yang ada di dalam pesawat Air India berteriak-teriak ketakutan karena lepasnya jendela tersebut.

Dalam rekaman yang di dapat, untungnya seorang pramugari cepat tanggap dan mendorong panel jendela internal tersebut kembali ketempatnya dan meyakinkan penumpang untuk tetap tenang. Kemudian setelah mendarat di Delhi, ketiga penumpang tersebut langsung dibawa ke rumah sakit.

Seorang pejabat senior Air India mengatakan, satu penumpang menerima jahitan setelah jendela tersebut mengenai kepalanya. Sedangkan dua penumpang lainnya dirawat karena terkena cidera ringan.

“Ini adalah gejolak tingkat tinggi yang aneh. Air India dan Directorate General of Civil Aviation (DGCA) sedang menyelidiki,” ujar pejabat senior Air India.

Satu hari sebelumnya pesawat Southwest yang berangkat dari LaGuardia menuju Texas mesinnya tiba-tiba meledak diketinggian 38 ribu kaki. Kejadian ini sekitar pukul 11.20 waktu setempat dan menyebabkan seorang penumpangnya tewas.

Baca juga: Pintu Darurat Douglas MD-83 Lepas, Masih “Untung” Kejadian Saat Mendarat!

Insiden ini membuat seluruh penumpang ketakutan dan mau tak mau pesawat harus mendarat di Philadelphia. Pesawat Boeing 737-700 tersebut telah beroperasi sejak tahun 2000 tersebut baru saja dilakukan pemeriksaan beberapa hari sebelum pesawat itu terbang ke angkasa.

Pada Februari 2018 kemarin juga terjadi lepasnya pintu darurat pesawat Dana Airline yang terbang dari Lagos menuju Abuja di Nigeria. Pintu darurat pesawat Douglas MD-83 ini lepas ketika mednarat di Abuja dan sudah dalam keadaan tidak stabil selama penerbangan. Tak hanya itu, pintu darurat ini pun terlihat tidak terpasang dengan benar sebelum lepas landas dari Lagos.