Pintu Darurat Douglas MD-83 Lepas, Masih “Untung” Kejadian Saat Mendarat!

Dana Airlines

Pintu maupun jendela darurat sejatinya dibuat untuk berjaga-jaga jika terjadi kondisi terburuk dalam sebuah penerbangan. Tetapi, apa jadinya jika pintu atau jendela darurat ini terlepas saat mendarat? Baru-baru ini, sebuah pintu darurat lepas dan untungnya itu terjadi saat mendarat di bandara.

Baca juga: Berakibat Fatal, Pintu Pesawat Terbuka (Lepas) Saat Mengudara

KabarPenumpang.com melansir dari cnn.com (12/2/2018), insiden lepasnya pintu pesawat Douglas MD-83 ini terjadi pada penerbangan maskapai Dana Airline dari Lagos menuju Abuja di Nigeria pada Rabu (7/2/2018) kemarin. Peristiwa lepasnya pintu darurat pesawat ini menjadi viral di media sosial setelah seorang penumpang yang juga dokter bernama Ola Orekunrin memposting di Twitter miliknya.

Ola mentweet pintu darurat pesawat yang ditumpanginya lepas ketika mendarat di Abuja pukul 06.48 waktu setempat. Dia menambahkan, pintu tersebut terlihat tidak stabil selama penerbangan.

Tweet Ola juga di dukung oleh penumpang lain yakni Igah Dagogo yang juga dalam penerbangan sama. Dia mengatakan, pintu darurat tersebut memang tidak terpasang dengan benar sebelum lepas landas dari Lagos.

Pintu darurat pesawat Dana Airlines Lepas (CNN)

“Saya berjarak dekat dari pintu keluar darurat, jadi saya bisa melihat kalau pegangan pintunya tidak rapat. Saat itu pesawat sedang melakukan proses taxi di landasan sebelum tiba-tiba pintu darurat terlepas dan hampir mengenai penumpang,” ujar Dagogo.

Dia mengatakan, lepasnya pintu tersebut kemungkinan karena angin dan penumpang yang lain melihat serta mengabadikan peristiwa tersebut. Dagogo menambahkan, dirinya tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika pintu tersebut lepas saat pesawat tengah mengudara.

Adanya peristiwa lepasnya pintu darurat, pihak maskapai Dana Airlines mengeluarkan pernyataan resmi terkait hal tersebut. Tak hanya itu, pihak maskapai juga langsung melakukan pengecekan.

“Pengecekan menyeluruh telah dilakukan oleh teknisi kami dan tim Nigerian Civil Aviation Authority (NCAA) ketika pesawat mendarat di Abuja. Tidak ada masalah yang dilaporkan dan juga terkait ancaman keselamatan penumpang,” ujar pernyataan tersebut.

Uniknya, Dagogo bersama enam orang penumpang lainnya yang menyaksikan kejadian tersebut kembali terbang dengan Dana Airlines dari Abuja menuju Lagos pada malam harinya. “Kami bertujuh terbang kembali ke Lagos dengan penerbangan malam. Saya mengambil penerbangan sesuai waktu saya. Hanya Tuhanlah yang menentukan nasib saya,” ujar Dagogo.

Baca juga: Pintu Kabin Terbuka Saat Mengudara, Mengerikan Tapi Bukan Akhir Dari Segalanya

Perihal pintu darurat yang lepas, sebenarnya sangat berbahaya dimana kabin akan menyebabkan dekompresi dan akan kehilangan oksigen. Apalagi jika pintu darurat terbuka dan ada penumpang yang duduk didekatnya pasti akan terlempar keluar pesawat.

Selai itu suhu dalam kabin juga akan turun ke level terendah dan hal terparahnya adalah pesawat akan pecah. Biasanya saat dekompresi masker oksigen akan keluar secara otomatis dari atas penumpang.