“Wonderful Indonesia” Kini Hadir di Jalanan Moskow

Bus Hop-On-Hop-Off Rusia berlgo Wonderful Indonesia

Keindahan alam Indonesia kembali lagi dipamerkan di kancah internasional melalu gambar di bus-bus Eropa. Kali ini, Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, juga ikut mempromosikan pariwisata Indonesia melalui livery pada bus hop on hop off dengan logo Wonderful Indonesia di Moskow.

Baca juga: Kampanye “Wonderful Indonesia” Meriahkan Transportasi di Paris

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman tempo.co (5/6/2018), bus-bus ini terparkir di Red Square yang bersebelahan dengan Gran Kremlin Palace. Menampilkan salah satu keajaiban dunia yang ada di Indonesia yakni Candi Borobudur dan juga terkait Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta-Palembang, bus ini akan mengambil rute di jalan utama pada 1-20 Juni 2018 kemarin.

Namun, tenang saja, ternyata bus dengan logo Wonderful Indonesia yang menunjukkan tempat wisata lainnya seperti Bali juga akan beroperasi di seluruh kota. Selain itu, papan iklan dengan Wonderful Indonesia juga akan menyapa Moskow dan pelancong di dua tempat strategis yaitu Novy Arbat dan Yerevan Plaza selama sebulan dari 15 Juni-16 Juli 2018.

Program Wonderful Indonesia ini juga diiklankan di salah satu tujuan utama dunia dan kota terbesar kedua Rusia, St Petersburg. Dikota ini akan ada 17 bus besar yang akan menampilkan pariwisata Indonesia dan akan mulai beroperasi pada 18 Juni hingga 9 September 2018 mendatang.

Empat bus besar lainnya pada 18 Juni-9 Agustus 2018 serta empat minibus pada 18 Juni-15 Juli 2018 yang akan berkeliling di jalur utama dan tersibuk St Petersburg. Duta Besar Indonesia untuk Rusia dan Republik Balarus, M Wahid Supriyadi mengatakan, promosi ini sendiri dilakukan terus menerus di Rusia yang ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia pada Juni-Juli 2018.

Baca juga: Ada Gambar Penari Bali di Metro Caracas, Ada Apa Ya?

“Kami berharap orang-orang dan turis Rusia akan tergoda dan tertarik untuk mengunjungi Indonesia melalui Indonesia Luar Biasa ini. Dan juga, Festival ketiga Indonesia akan diadakan di Moskow pada 3-5 Agustus tahun ini,” ujar Wahid sembari mengenang beberapa acara yang diadakan pada April hingga Mei 2018 lalu di Rusia.

Rusia sendiri ternyata adalah negara potensial untuk pariwisata Indonesia. Jumlah pelancong Rusia yang telah masuk ke Indonesia pada 2017 lalu sebanyak 110.529 orang dan meningkat 37,28 persen dibanding tahun 2016 lalu sebanyak 80.514 orang.