Kampanye “Wonderful Indonesia” Meriahkan Transportasi di Paris

Mahisa Murti (koleksi pribadi)

Ada rasa bangga saat melihat ada banyak atribut pariwisata Indonesia di luar negeri. Terlebih atribut promosi wisata ini tak sembarang hadir, bus-bus wisata berupa sight seeing bus yang terkenal di Paris terlihat hilir mudik di tengah kota, mencitrakan panorama dan obyek wisata andalan Indonesia lewat kampanye “Wonderful Indonesia.”

“Desain livery pada bus tingkat (wisata) di Paris ini sangat bagus untuk memperkenalkan obyek wisata di Indonesia. Dimana-mana terlihat kampanye Wonderful Indonesia, sangat menyenangkan untuk dilihat,” ujar Mahisa Murti, seorang videographer asal Jakarta yang tengah berada di Paris.

Baca juga: Gandeng Merek-Merek Ternama, Wonderful Indonesia Lebarkan Sayap

Persisnya ada 16 unit bus ‘Open Tours’ yang mewarnai jalan-jalan di kota yang terkenal dengan Menara Eiffelnya mulai 12 September hingga tanggal 9 Oktober 2017 mendatang. Bus ini di branding dengan Wonderful Indonesia seperti piala Eropa empat tahun lalu.

Gambar-gambar yang di tampilkan 16 bus ini memberikan pemandangan indah Indonesia yakni Candi Borobudur yang megah, Danau Toba di Sumatera Utara, penari bali yang cantik, Raja Ampat yang memesona dengan lautnya, Komodo binatang asli Indonesia hingga senyuman khas orang Indonesia yang penuh pesona. Di setiap livery pada dilengkapi dengan image QR code, sehingga seseorang yang tertarik dengan ikon wisata yang ditampilkan dapat langsung melakukan scan browsing dari smartphone.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyadari dengan biaya promosi untuk Wonderful Indonesia ini sangatlah terbatas, sehingga harus menggunakan banyak cara branding yang sudah ada di 47 negara tidak merosot. Apalagi untuk menjaga brand ini cukup berat dimana harus menaikkan valuenya dengan promosi.

“Tentu kita perlu budget dan harus tetap kreatif mencari momentum yang pas dan lokasi yang tepat,” ujar Arief yang dikutip KabarPenumpang.com dari kompas.com (14/9/2017). Untuk menyiasati budget ini, Arief melakukan co-branding dengan menggunakan momentum dan memilih media promosi yang pas. Dengan menggunakan bus, trem, kereta, taksi dan transportasi umum bergerak lainnya lebih efektif dan bisa cepat viral ke media sosial.

Arief mengatakan, bahwa tidak boleh berhenti promosi walaupun jumlah wisatawan asing ke Indonesia terus meningkat. Inilah yang membuat akhirnya Perancis dilirik, dan membuat bus yang dipenuhi Wonderful Indonesia kembali wara-wiri di Perancis.

Menurutnya, dengan branding ini akan memberi umpan yang baik bagi warga Paris dan wisatawan negara lain yang sedang berada di kota tersebut, dan sesuai sasaran postingan di mesia sosial dengan hastag #wonderfulindonesia memang cukup ramai, diantaranya postingan tentang foto-foto bus wisata di Paris yang kini sedang menjajakan promo Indonesia.

“Sangat efektif. Wonderful Indonesia jadi makin dibicarakan publik di dunia nyata dan dunia maya. Yang hobi narsis, malah bisa dijadikan ‘senjata’ untuk posting dan menjadi viral di digital,” katanya.

Tahun 2016 kunjungan wisatawan Perancis ke Indonesia meningkat 19,8 persen dibandingkan 2015 lalu. Dari 209.466 orang naik menjadi 250,921 orang dan angka ini sudah melebihi target Kemenpar yang membidik 250 ribu orang tahun 2016 lalu. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana mengatakan, bus bertingkat yang berkeliling kota Paris menjadi sarana mempromosikan Wonderful Indonesia kepada masyarakat Perancis dan juga wisatawan yang berkunjung ke Paris.

Baca juga: Tourist Information Center, Mudahkan Wisman saat tiba di Bandara Soetta

“Promosi ini akan menunjukkan dan memperlihatkan keindahaan alam Indonesia dan kebudayaan ramah tamah bangsa Indonesia, kita harus terus tampil elegan dan di tempat-tempat yang vital,” ujar Pitana.

Sementara itu, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Perancis yang dipimpin Eka Moncarre mengatakan, bulan September akan penuh dengan aktivitas untuk mempromosikan Wonderful Indonesia dalam skala pemasaran penuh B to B dan B to C dalam rangka menjaring target wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Eka menjelaskan, Perancis merupakan pasar berpotensial untuk Indonesia. Dengan penduduk 66 juta orang, Indonesia merupakan salah satu negara favourit bagi orang Perancis.

“Tahun ini Indonesia menjadi negara TOP 5 pilihan orang Perancis. Apalagi sekarang, tidak diperlukan visa untuk berkunjung ke Indonesia selama 30 hari maksimum, minat mereka berwisata meningkat luar biasa,” kata Eka. Tak hanya Paris, Korea Selatan yang diwakili Seoul dan Busan juga menjadi bagian promosi Wonderful Indonesia. Apalagi pengunjung Korea Selatan lebih banyak ke Bali dan Yogyakarta.