United Airlines Buka Rute Direct Flight Terjauh, Los Angeles – Singapura

United Airlines kini mengukuhkan status sebagai maskapai yang melayani rute direct flight terjauh dari Amerika Serikat. Dengan adopsi pesawat wide body terbaru Boeing 787-9 Dreamliner, United Airlines kini telah melayani rute penerbangan langsung jarak jauh (nonstop) dari Los Angeles ke Singapura dengan jarak 14.000 km. Penerbangan ini memakan waktu tempuh selama 17 jam 55 menit.

Baca juga: Inilah 10 Penerbangan “Direct Flight” dengan Waktu Terlama di Dunia

Jarak dan lamanya waktu tempuh ini melampaui jarak terjauh United Airlines sebelumnya yang berangkat dari San Francisco menuju Singapura dalam waktu 17 jam 15 menit nonstop. KabarPenumpang.com melansir dari laman forbes.com (29/10/2017), penerbangan sebaliknya atau kembali dari Singapura menuju Los Angeles dengan United Airlines terpaut dua jam yakni hanya 15 jam 15 menit.

Rute baru ini dilayani satu kali dalam sehari menggunakan pesawat Boeing 787-9 Dreamliner. Konfigurasi dalam penerbangan lintas Pasifik ini terdiri dari tiga kelas dengan total 252 kursi, komposisinya terdiri dari kelas ekonomi sebanyak 116 kursi, kelas ekonomi plus 88 kursi dan kelas bisnis 48 kursi. Pelayanan penerbangan rute Los Angeles tujuan Singapura ini di buka pada 29 Oktober 2017 kemarin.

Kilas balik ke tahun 2013, Singapore Airlines justru sudah pernah melayani rute penerbangan trans pasifik nonstop ke Los Angeles. Namun akhirnya rute tersebut dihentikan lantaran penggunaan pesawat Airbus A340-500 dipandang kurang efisien. Sebagai informasi Airbus A340 adalah pesawat dengan empat mesin, sementara Boeing 787 hanya disokong dua mesin.

Dengan berhentinya rute Singapura – Los Angeles yang dilayani Singapore Airlines, maka saat itu turut berakhir penerbangan nonstop trans atlantik dari Singapura ke New York yang juga dilayani oleh Singapore Airlines. Tetapi penerbangan kedua tujuan ini masih tetap ada dengan sistem transit dan bukan lagi perjalanan panjang nonstop.

Setelah adanya rute nonstop yang dibuka baru oleh United Airlines, Singapore Airlines juga mengumumkan rencananya  kembali mengudara melayani rute New York dan Los Angeles nonstop pada tahun 2018 mendatang. Diperkirakan, Singapore Airlines akan menggunakan pesawat Airbus A350-900ULR pertamanya.

Antara United Airlines dan Singapore Airlines punya kesamaan dalam rute lainnya, kedua maskapai kini melayani direct flight dari Singapura – San Francisco, dengan menempuh jarak 13.600 km. United Airlines menggunakan Boeing 787-9, sementara Singapore Airlines menggunakan Airbus A350-900.

Baca juga: Terbang Lintas Benua! Inilah 10 Rute Terpanjang Penerbangan Non Stop Komersial

Pesawat ini merupakan varian ultra jarak jauh dari generasi berikutnya. Rencananya Singapore Airlines akan membagi kursi pesawat menjadi dua kelas yakni kelas ekonomi premium dengan 94 kursi dan kelas bisnis sebanyak 68 kursi.

Penerbangan United Airlines dengan rute baru ini, bisa dikatakan menjadi rute dengan jarak tempuh terjauh dan waktu terlama dibandingkan rute penerbangan maksapai lainnya yang juga memiliki rute nonstop.