Sering Kebelet Pipis Dalam Angkutan? Simak Tips Untuk Menahannya

Ilustrai menahan kebelet pipis

Menahan pipis alias buang air kencing memang tak disarankan, maklum menahan kebutuhan biologis ini bisa berujung timbulnya penyakit. Namun, ada kalanya Anda harus mampu menahan hasrat tersebut, terlebih saat berada di angkutan umum (bus atau kereta api komuter) yang tidak dilengkapi fasilitas toilet.

Baca juga: 6 Tips Ampuh Menahan BAB Saat Perjalanan Jauh

Ya, untuk itu KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber tips menahan buang air kecil di angkutan umum.

Tidak minum terlalu banyak
Terhidrasi memang penting untuk kesehatan tubuh, tetapi jika menggunakan angkutan umum seperti bus dalam waktu lama baiknya tidak minum sebelum berangkat. Jika haus minum sedikit-sedikit untuk menghindari kebelet pipis selama perjalanan. Jangan pernah berpikir untuk minum soda selama perjalanan ini akan membuat Anda lebih sering pipis.

Perkuat otot panggul
Jumlah urin yang dikeluarkan dari kandung kemih dikontrol oleh otot panggul dasar. Jika Anda sudah tidak bisa lagi menahan untuk pipis, lakukan manuver knack atau latihan untuk memperkuat otot panggul dan mengencangkan otot disekitar uretra agar menutup saluran serapat mungkin sehingga pipis bisa tertahankan untuk sementara wakt.

Silangkan kaki saat berdiri
Saat kebelet baiknya silangkan kaki tapi jangan dalam posisi duduk, ini justru akan membuat sakit dan kehilangan kontrol pada kandung kemih. Membuka lebar kaki adalah cara terbaik menahan pipis lebih lama. Tetapi jika berdiri baiknya silangkan kaki dan jangan buka terlalu lebar agar bisa menahannya.

Duduk tegak dan santai
Duduklah dengan tegak, sebab dengan punggung melengkung justru hanya akan memberikan tekanan pada kandung kemih. Hindari bersandar kedepan, sebisa mungkin tarik bagian depan panggul ke atas. Meski duduk tegak, usahakan agar tetap santai supaya tidak menambah tegang tubuh.

Kenali area jalan
Bila hafal dengan jalan yang dilalui, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan SPBU untuk mendapatkan toilet. Apalagi hasrat pipis sudah memuncak, ini akan sangat membantu dalam perjalanan.

Jangan banyak bergerak dan alihkan perhatian
Duduk dengan tenang, hindari getaran atau gerakan tiba-tiba. Bila bergerak secara tiba-tiba maka akan membuat kandung kemih kaget dan akan mengeluarkan urin yang sejak tadi di tahan. Kemudian, alihkan pikiran dari hal selain pipis.

Baca juga: Kentut di Tempat Umum Ternyata Ada Aturannya!

Hindari tertawa
Saat kebelet pipis dan ada yang mengajak bercanda dalam perjalaanan. Baiknya hindari, karena dengan tertawa otot-otot akan berkontrasi dan membuat kandung kemih semakin tertekan dan Anda akan semakin ingin pipis.

Longgarkan pakaian yang ketat
Bila Anda menggunakan gesper terlalu kencang, coba direnggangkan. Jika tidak dilonggarkan, justru akan memberi tekanan pada kandung kemih. Sehingga baiknya gunakan pakaian yang nyaman selama perjalanan.

Menahan pipis dalam waktu lama baiknya tidak sering dilakukan. Sebab akan mengakibatkan masalah serius pada ginjal Anda.