Serba-Serbi Pilih Kursi ‘Panas’ di Kereta Ekonomi Premium

Pilah pilih kursi kereta

Lewat penyampaian petisi, sejumlah penumpang telah mengungkapkan ketidakpuasan atas konfigurasi dan desain kursi di kereta Ekonomi Premium yang telah diluncurkan PT KAI sejak Juni 2017. Pihak PT KAI pun tak tinggal diam, menyadari desain kursi yang kurang ergonomis, BUMN tersebut telah mengembalikan beberapa layanan kereta, dari Ekonomi Premium ke gerbong bisnis (model lama), seperti pada KA Senja Utama dan Fajar Utama.

Baca juga: Dianggap Sempit dan Tak Nyaman, Kursi KA Ekonomi Premium Penumpang Akan Diganti

PT KAI sudah meminta waktu untuk ‘perubahan’ pada konfigurasi kereta Ekonomi Premium, namun perlu dipahami proses redesain pada rangkaian gerbong tak bisa dilakukan dalam waktu cepat. Sementara ini, sebagian besar penumpang kereta memang mau tak mau harus ‘merasakan’ kursi di Ekonomi Premium.

Nah, salah satu yang khas dari kereta Ekonomi Premium adalah cara memilih kursi yang pas, baik saat bepergian sendiri maupun dengan keluarga. KabarPenumpang.com merangkumnya untuk para pembaca sekalian. Berikut ini ada beberapa tips yag bisa Anda gunakan untuk mencari tempat duduk yang pas dengan kereta Ekonomi Premium.

1. Hindari dekat bordes dan toilet
Duduk dekat dengan bordes, artinya dekat dengan pintu yang biasa dibuka tutup baik oleh petugas atau penumpang yang akan pergi atau kembali dari toilet. Selain itu duduk dekat toilet juga tidak nyaman, terkadang saat pintu terbuka bau menyengat dari toilet bisa tercium penumpang yang duduk dekat bordes.

2. Kursi nomor ini bisa terhindar dari goncangan
Tempat paling nyaman adalah duduk di kursi tengah, selain tidak terlalu bising, goncangan saat kereta berjalan pun tidak terlalu kerasa. Anda bisa memilih kursi nomor 11 atau 12 untuk sensasi nyaman ini.

3. Bersama dengan rombongan
Bila membeli tiket banyak alias bepergian bersama keluarga saat mudik atau dengan teman saat akan melancong ke satu daerah, disarankan memilih kursi 11 AB, 12 AB atau 11 CD dan 12 CD. Ini agar Anda dan kerabat bisa duduk berhadap-hadapan. Sebab beberapa kursi di Ekonomi Premium tidak bisa diputar mengikuti kepala kereta dan membelakangi bordes serta toilet dan titik temu ada di kursi ini.

Baca juga: Duduk Dekat Jendela, Opsi Paling Ideal Untuk Naik Kereta Jarak Jauh

4. Perhatikan arah datangnya kereta
Di kereta ekonomi premium yang posisi kursinya tak bisa diputar, bila diperhatikan dengan jelas rata-rata tempat duduk nomor awal selalu menghadap ke timur, sedangkan nomor akhir berada di barat. Arah ke timur pilih seat nomor 1-11 dan arah barat 12-22. Bila perjalanan Anda dari barat ke timur, agar tidak membelakangi kepala kereta baiknya pilih nomor 12-22 ataupun sebaliknya jika berangkat dari timur ke barat pilih nomor kecil.

5. Bila tak mendapatkan kursi searah laju kereta
Bila Anda merasa ‘apes’ tidak mendapatkan kursi dengan posisi searah laju kereta, maka cobalah mencari kesibukan lain selama perjalanan. Mendengarkan musik via headset atau mencoba tidur bisa jadi pilihan ketimbang terus-menerus memikirkan efek pusing ‘naik kereta mundur’ dalam perjalanan jauh.