Sembunyi dari Kondektur Tiket Kereta, Masih Bisakah?

Apa jadinya jika Anda tidak memiliki tiket tetapi ingin menaiki kereta api? Kucing-kucingan dengan petugas mungkin jadi solusinya, tapi seberapa lihai Anda mampu mengindari inspeksi dari kondektur kereta yang senantiasa wara-wiri di antara gerbong. Meski tak dianjutkan, ada beberapa lokasi favorit untuk itu, dan beberapa sekuel film Hollywood menampilkan adegan menghindari dari petugas kereta.

Baca juga: Terdesak Kereta Cepat, Parlemen Eropa Tinjau Kelayakan Bisnis Kereta Malam

KabarPenumpang.com melansir dari laman lifehacker.com.au (9/11/2017), untuk menghindari inspeksi petugas jika Anda tidak memiliki tiket baiknya berdiri dan berdiamlah di dalam toilet kereta. Ya itulah yang sering diperlihatkan di film-film.

Taktik ini bisa dilakukan dengan mudah, sebab kebanyakan dari petugas kereta tidak memeriksa toilet dan berjalan melewati toilet begitu saja tanpa melirik sedikitpun. Ini mungkin menjadi suatu perbuatan yang tidak baik dan menjadi sebuah kejahatan. Namun, taktik ini dianggap bisa digunakan dan membantu penumpang yang ‘kepepet.’

 

Ide bersembunyi di toilet sudah barang tentu tidak sempurna. Ada opsi lain seperti beranjak pergi ke toilet atau bordes saat terlihat kondoktur mulai mengecek tiket di gerbong Anda. Namun perlu dicatat, kondektur bisa saja menegur Anda yang ‘pura-pura’ berdiam diri di bordes, pasalnya bordes adalah wilayah terlarang untuk ditumpangi.

Trik lain masih ada, seperti cobalah duduk manis di gerbong restorasi, membeli minum kopi atau teh panas, dipadang lumayan ampuh dari incaran kondektur atau petugas pengecekan tiket.

Memang hal seperti di atas sangat ironis, tetapi semua ini tergantung dari Anda baiknya seperti apa. Kebanyakan taktik di atas sering digunakan pada masa kereta api di Indonesia belum seketat seperti sekarang. Bahkan, bukan lagi bersembunyi, melainkan berbagi tempat dengan penumpang lain demi sampai ke tujuan. Saat ini dengan ketatnya pengecekan di stasiun kereta serta pemberlakuan peron sebagai zona sterilisasi, maka seorang penumpang tanpa tiket tidak akan bisa masuk ke stasiun, apalagi untuk bersembunyi dalam toilet kereta.

Baca juga: Tidak Lagi Gunakan Toilet “Bolong,” PT KAI Ganti Dengan Septic Tank

Tak hanya itu, petugas kereta saat ini melakukan pengecekan penumpang juga hingga ke toilet dan petugas keamanan selalu bolak balik gerbong sekitar 15-30 menit sekali. Ini dilakukan bukan hanya untuk mengecek penumpang gelap, melainkan mengecek penumpang yang menyalahi aturan di kereta seperti merokok di dalam kereta.