Sebelum Menyebrang ke Bakauheni, Yuk Main di Destinasi Ini!

Pulau Merak Kecil

Selama ini yang diketahui dari Banten hanya Anyer, Ujung Kulon, Tanjung Lesung dan lainnya sebagai daerah wisata saaat berlibur. Tapi ternyata di daerah Cilegon juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk di kunjunginya.

Baca juga: Loket Gabungan di Pelabuhan Merak, Mudahkan Transaksi Tiket Rombongan Wisata

Mungkin yang diketahui pelancong Cilegon hanya Pelabuhan Merak untuk penyeberangan dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera. KabarPenumpang.com baru-baru ini mendapatkan beberapa destinasi yang bisa dikunjungi baik dekat Pelabuhan Merak atau Kota Cilegon hanya dengan menggunakan kereta api.

Sebagai pelancong yang juga gemar menggunakan kereta, untuk sampai ke sini, hanya menggunakan kereta dari Stasiun Tanah Abang turun di Stasiun Rangkas Bitung menggunakan KRL dan menyambung dengan kereta ekonomi biasa sampai di Stasiun Merak. Penasaran ada apa saja yang bisa di kunjungi di Pelabuhan Merak dan sekitarnya?

1. Pulau Merak Kecil
Pulau ini letaknya hanya 200 meter dari Pelabuhan Merak dan perjalanan menyeberanginya hanya sekitar lima menit dengan perahu nelayan. Sayangnya pulau ini tak bisa digunakan untuk menginap dan hanya untuk menikmati pemandangan saja. Untuk mencapai Pulau Merak Kecil, pelancong bisa menggunakan perahu nelayan dari Pantai Mabak.

Batu Lawang, Cilegon (Istimewa)

2. Pulau Merak Besar
Letaknya tepat di depan pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni dengan luas sekitar 20 hektar. Pulau ini merupakan Pulau Hutan Lindung yang dilestarikan dan berfungsi sebagai pelindung pelabuhan dan terminal terpadu Merak. Pulau ini juga sebagai penahan gelombang yang menuju Pelabuhan Merak. Untuk sampai ke sini, pelancong juga bisa menggunakan kapal nelayan dengan membayar sekitar Rp20 ribu-Rp30 ribu. Meski begitu baik Pulau Merak Besar dan Merak Kecil, keduanya tidak bisa ditinggali karena tidak ada penginapan.

3. Pantai Merak
Saat tiba di Stasiun Merak, pelancong bisa menemukan pantai yang letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Merak. Pantai Merak sendiri berada di Hotel Merak di jalan utama Pelabuhan Merak. Sebagai penikmat senja atau yang biasa di sebut sunset (waktu matahari tenggelam) tempat ini sangat cocok.

Baca juga: Loket Gabungan di Pelabuhan Merak, Mudahkan Transaksi Tiket Rombongan Wisata

4. Batu Lawang
Letaknya sekitar 25 menit dari pusat Kota Cilegon. Bagi pelancong yang menggunakan kereta bisa turun di Stasiun Merak kemudian menyambung dengan angkutan kota (angkot) dan turun di jalan menuju ke Cilegon. Kemudian naik ojek untuk masuk ke dalam dengan biaya Rp20 ribu-Rp25 ribu. Batu Lawang ini terletak di atas bukit di daerah Merak. Pemandangan perbukitan hijau serta panorama Kota Cilegon menjadi keunggulan tempat ini. Dari Batu Lawang, terlihat siluet Gunung Pinang di Kramatwatu, menara Masjid Agung Cilegon, Waduk Krenceng, bahkan siluet Gunung Karang di Pandeglang.

Jadi, kalau ke Merak jangan hanya menumpang untuk menyeberang dengan kapal ferry menuju Pelabuhan Bakauheni di Lampung. Sesekali, nikmati alam indah yang masih jarang tersentuh pelancong.