Saat Kereta Ikut Kondang Sebagai Latar Film Box Office

Kereta digunakan sebagai background cerita dan latar pengambilan gambar dalam video rasanya sudah jamak kita lihat. Tapi faktanya tidak semua film mampu memperlihatkan citra kereta yang maksimal diantara scene sebuah film. Sebagai bagian dari moda transportasi yang dianggap vital sejak masa lalu, kiprah kereta sebagai bagian dari konten film sudah dimulai sejak lima dekade belakangan.

Baca juga: Maharajas Express, Kereta Termewah di Asia Bertarif Mulai Rp51 Juta

Dan kali ini, KabarPenumpang.com kembali membahas kerera, tapi dari sudut sinematografi, bagaimana kereta juga punya andil dalam mengembangkan alur kisah dan pembabakan dalam suatu film. Diantara ratusan judul film dengan tema ‘kereta,’ berikut kami kupas lima diantaranya yang berhasil meraih predkat box office pada jamannya.

1. Murder on the Orient Express (1974)
Film ini menggambarkan para bangsawan yang sedang dalam perjalanan bisnis menggunakan sebuah kereta. Bisa dikatakan kereta pada tahun 1974 tidaklah sama seperti sekarang yang menggunakan listrik, pada masa itu kereta yang digunakan adalah jenis kereta uap. Namun, walaupun kereta uap, fasilitas yang disediakan benar-benar melebihi kelas eksekutif atau bisa dikatakan first class di kereta. Sebab kereta ini menghadirkan suasana mewah dan terkesan artistik. Di dalam kereta tersedia kamar tidur bagi para penumpang, ada pula kereta makan yang menghadirkan suasana restoran mewah. Bisa dikatakan kereta ini seperti kereta wisata yang ada di Indonesia.

Baca juga: Tengok Kemewahan “Venice Simplon – Orient Express, Kereta dengan Tarif Mulai Rp44 Juta

Murder On The Orient Express

2. Mr Bean Holiday (2007)
Dalam film dengan peran utama Rowan Atkitson, menggambarkan kisah seorang anak yang tertidur di dalam kereta dan sang ayah sempat keluar kereta yang sedang berhenti di salah satu stasiun. Sayangnya, saat pemberitahuan kereta akan berangkat, Mr Bean dengan kekonyolannya mengabadikan ayah sang anak tersebut di luar kereta yang sedang berlarian. Kereta yang digunakan pada Mr Bean Holiday ini adalah kereta eksekutif di Perancis dengan seat atau tempat duduk yang bisa berhadapan dengan 2-1.

Mr Bean Holiday

3. Midnight Meat Train (2008)
Mengisahkan pembunuhan di dalam kereta ekonomi. Dimana seorang psikopat saat didalam kereta membunuh penumpang yang berada di dalam gerbong kosong dengan menggunakan palu besar. Kereta ini benar-benar menggambarkan sisi horornya dengan tempat duduk ekonomi di sanggah dengan tiang-tiang yang berada di lorong dekat bangku. Kaca kereta yang tidak bisa terbuka menambah kesan horor kereta ini. Bila dilihat secara jelas, sekilas kereta ini mengingatkan kita pada kereta ekonomi di Indoensia beberapa puluh tahun lalu.

Midnight Meat Train

4. Last Passanger (2013)
Kereta yang digunakan adalah kereta listrik model terbaru, dalam film ini kereta terbagi dua jenis gerbong, eksekutif dan ekonomi. Di kelas eksekutif, penumpang berada di dalam bilik tersendiri untuk menjaga privasi para penumpang. Sedangkan penumpang yang berada di dalam gerbong ekonomi, tak ada sekat yang memisahkan hanya bila saat perpindahan gerbong.

Last Passanger

5. Train to Busan (2016)
Kereta yang digunakan gerbong eksekutif. Dimana kereta listrik cepat yang digunakan pada kelas eksekutif tempat duduknya 2-1 dan 2-2 seperti biasa di eksekutif milik Indonesia. Cerita yag diangkat adalah zombie di dalam kereta, dimana seorang perempuan naik ke kereta dengan membawa virus zombie. Sehingga hampir semua gerbong kereta di isi dengan penumpang yang terkeena virus tersebut. Untungnya, penumpang di kelas eksekutif tidak terkena sama sekali alias bisa menyelamatkan diri. Terbayang penuh sesaknya para zombie di kereta bersempit-sempitan walaupun gerbong terlihat luas.

Train To Busan