Pemda Bengkalis: Pelabuhan Roro Air Putih-Sungai Selari Segera Terapkan Sistem E-Ticketing

Bupati Bengkalis saat menghadiri Ekspose Automatic E-Ticketing, di Pekanbaru, Selasa (20/3/2018). (humas.bengkaliskab.go.id)

Ada kabar terbaru terkait sistem transaksi jasa pelayaran di Tanah Air, persisnya Kabupaten Bengkalis akan segera meluncurkan sistem automatic Elektronik Ticketing (E-Ticketing) pada penyebrangan roro Air Putih-Sungai Selari. Penerapan sistem tersebut akan dilaksanalan oleh PT Mata Pensil Globalindo, perusahaan swasta nasional yang sebelumnya telah sukses menerapkan sistem tersebut pada dua pelabuhan terbesar di Indonesia, yakni rute Merak-Bakauheni.

Baca juga: Dinas Perhubungan dan DPRD Bengkalis Jajaki Teknologi Automatic Vehicle Classification dari PT Mata Pensil Globalindo

Dikutip KabarPenumpang.com dari humas.bengkaliskab.go.id (20/3/2018), President and CEO PT Mata Pensil Globalindo, Romi Syaf Putra menjelaskan bahwa program E-Ticketing sangat tepat diluncurkan di Kabupaten Bengkalis, karena berdasarkan survei data dari Dinas Perhubungan kabupaten Bengkalis, setiap tahunnya penggunaan penyebrangan ferry roro terus meningkat. “Oleh sebab itu, kita berani untuk menginvestasikan program ini. Apalagi pada pembangunan E-Ticketing ini akan dilengkapi fasilitas yang terbaru baik dari sisi keamanan dan efesiensi waktunya,” ujar Romi.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat menghadiri Ekspose Automatic E-Ticketing penyebrangan roro Air Putih-Sungai Selari, di Pekanbaru, mengatakan bahwa program Automatick E-Ticketing untuk penyebrangan roro Air Putih-Sungai Selari ditanggapi secara serius dari pejabat yang mengikuti ekspose, selanjutnya akan dibahas lebih detail agar nantinya berjalan dengan baik di Bengkalis. “Kita harus bekerja sama baik antar pemerintah Daerah maupun dengan PT Mata Pensil. Karena ini demi kemajuan kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini kedepannya” ungkap Bupati.

Kami berharap lanjut Amril, PT Mata Pensil terus melakukan survei lapangan, hal ini demi keberangsungannya pembangunan dan peluncuran Automatic Ticketing lebih baik, supaya kesalahaannya dapat diminimalisir. “Segera ditindak lanjuti lebih dalam, pahami lebih dalam, kita akan mengadakan pertemuan untuk kedua kali, dan akan membahas lebih rinci tentang Automatic E-Ticketing. Insha Allah pada pertengahan Mei 2018 mendatang kita jakan me-launching E-Ticketing untuk kedua kalinya di Indonesia,” lanjut Amril.

Turut mendampingi Bupati Bengkalis saat Ekspose tersebut, Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H Heri Indra Putra, Kepala Bappenda Kabupaten Bengkalis H Imam Hakim, Kepala BPKAD Kabupaten Bengkalis Aulia, Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis Jordi Indra Bustian.

Baca juga: PT Mata Pensil Globalindo Raih Hak Cipta Teknologi “Automatic Vehicle Classification”

Kemudian Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis Djoko Edi Imhar, Plt Direktur RSUD Bengkalis dan Mandau Dr Ersan Saputra, Kabag Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Riki Rihardi, dan Kabag Humas Sekretariat Daerah Bengkalis Muhammad Fadhli.